Investing

6 Tips Mengelola Keuangan dengan Investasi by Dedi Utomo

 Credits: https://www.pexels.com/

Credits: https://www.pexels.com/

Mengelola keuangan dengan baik? gimana caranya?

Kamu tentu pernah menemukan orang yang memiliki  karir yang cemerlang saat usia muda, akan tetapi saat memasuki usia tua justru tidak sejahtera. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang tidak paham cara mengelola keuangan dan melakukan investasi sejak dini. Jika sudah demikian, jika harus menghadapi  permasalahan keuangan saat di usia tua nanti dan ini merupakan konsekuensi yang cukup serius. Buat kamu yang masih muda, pahami cara mengelola uang yang baik sejak dini.

Berikut ini tips pengelolaan keuangan yang baik agar kamu punya penghasilan cukup di hari tua:

  1. Tentukan tujuan keuangan yang jelas

    Langkah awal untuk memulai pengelolaan keuangan yang baik adalah dengan menentukan tujuan jangka panjang (10-20 tahun) secara jelas, agar memberikan motivasi yang kuat di dalam diri untuk menerapkan kebiasaan yang baik tentang mengelola keuangan. Motivasi tersebut akan memberikan semangat untuk mendapatkan hidup yang sejahtera di masa mendatang. Dengan membuat tujuan akan memberikan arah yang jelas untuk masa depanmu.

  2. Mulai alokasi dana berdasarkan prioritas

    Mulai membuat daftar alokasi keuangan yang jelas berdasarkan prioritas, prioritaskan terhadap kebutuhan kamu bukan keinginan, sehingga alokasi dana kebutuhan akan lebih efektif. Alokasi ini tidak perlu terlalu muluk-muluk sehingga justru malah tidak bisa dicapai. Alokasi ini sangat penting dan harus dilakukan dengan teliti, shingga semua kebutuhan akan terpenuhi dengan baik.

  3. Kurangi kebiasaan konsumtif

    Kurangi kebiasaan konsumtif dengan memprioritaskan pada kebutuhan bukan keinginan, seperti yang penulis jelaskan di point sebelumnya. Mengurangi kebiasaan konsumtif berarti mengurangi unsur pengeluaran yang sbenarnya tidak terlalu penting dan tidak terlalu kamu butuhkan. Dengan mengurangi kebiasaan ini, kamu telah menghemat uang kamu untuk keperluan yang lebih produktif.

  4. Alokasikan dana untuk investasi secara rutin

    Dengan mengurangi kebiasaan konsumtif, kamu akan memiliki cukup dana untuk ditabung atau di investasikan ke aset keuangan seperti deposito, reksadana, saham, maupun aset real seperti properti. Dari pilihan aset keuangan ini, saham adalah salah satu pilihan investasi yang punya potensi keuntungan yang menarik untuk jangka panjang. Investasi saham selain memberikan potensi keuntungkan yang cukup menjanjikan juga mudah untuk dilakukan karena pembukaan akun saham bisa dilakukan secara online. Buka rekening saham online di Stockbit.

    Cukup dengan modal gadget atau komputer yang terkoneksi dengan internet, kamu sudah bisa melakukan investasi saham. Saham merupakan instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang, sehingga manfaatnya juga baru bisa dirasakan dalam jangka panjang.

    Metode sederhana untuk berinvestasi saham sebagai langkah jitu mengelola keuangan adalah dengan membeli saham secara rutin, bisa mingguan atau bulanan. Untuk memilih saham, kamu bisa mulai dengan membeli saham-saham perusahaan ternama yang kamu kenal dulu, karena probabilitas memperoleh keuntungan dari saham ini juga cukup besar dalam jangka panjang. Jangan melakukan day trading agar tidak memberikan pressure (tekanan) terhadap psikologi kamu, karena memang karakteristik harga saham yang cenderung bergerak volatile dalam jangka pendek. Niatkan semata-mata untuk manfaat jangka panjang. Selengkapnya Tips investasi saham dengan cara menabung

  5. Lakukan dengan disiplin

    Kunci utama keberhasilan mengelola keuangan adalah disiplin. Kamu harus disiplin dan teratur dalam mengelola keuangan. Jika tidak maka kamu akan di luar kontrol. Tetapkan prioritas. Dengan begitu, tujuan keuangan menjadi lebih fokus, sehingga kita bisa lebih disiplin dan ketat dalam memenuhi prioritas keuangan tersebut.

  6. Upayakan sedini mungkin

    Jangan menunda-nunda lagi untuk mulai menerapkan pengelolaan keuangan yang baik, lebih cepat dimulai lebih banyak manfaat yang akan kamu dapat di masa depan.
     

    Yuk kita mulai melakukan mengelola keuangan yang baik sejak dini. 

Untuk pembukaan rekening saham, kamu bisa buka rekening saham di Stockbit. Apa keuntungannya? Silahkan baca di sini Stockbit Real Trading: Cara Baru Investasi Saham Online

Stockbit Real Trading: Investasi Saham dengan Sinarmas Sekuritas by Hilmawan Kusumajaya

Sekarang kamu sudah bisa mulai berinvestasi saham langsung di Stockbit dengan Stockbit Real Trading. Rasakan pengalaman berinvestasi di platform dengan fitur yang lengkap dan tampilan yang modern.

  *Dapatkan akses Stockbit Pro Seumur Hidup dengan dengan minimum deposit Rp 5 juta.

*Dapatkan akses Stockbit Pro Seumur Hidup dengan dengan minimum deposit Rp 5 juta.

Saat ini Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas untuk menyediakan rekening saham untuk kamu berinvestasi saham.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kamu membuka rekening saham dengan Sinarmas Sekuritas di Stockbit adalah kamu bisa mendapatkan Stockbit Pro FREE*

Dengan Stockbit Real Trading, kamu bisa:

  1. Jual beli saham dimanapun kapanpun lewat smartphone.

  2. Login aman dengan fitur finger print login

  3. Tampilan aplikasi trading paling modern

Hubungi tim Stockbit di 087777 66 5000 (WA Only) atau support@stockbit.com untuk info lebih lanjut.

Panduan Stockbit Real Trading bisa kamu baca di Stockbit Help - Real Trading