đź’¸  SIDO: Pengendali Borong Saham; Momentum Take Profit / by Stockbit Snips

5 April 2024

Daily Market Performance 🚀

IHSG

7.286

+0,45%

Coal

128,2

-1,12%

Crude Oil

86,5

-0,09%

Gold

2.287

-0,12%

CPO

4.542

+0,76%

Nickel

17.543

+2,22%

đź‘‹ Stockbitor!

Pengendali Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul ($SIDO), PT Hotel Candi Baru, membeli 5,14 miliar (17,14%) saham SIDO dengan harga 719 rupiah per lembar pada 5 April 2024. Harga tersebut lebih tinggi +6,5% dari harga di pasar reguler pada penutupan bursa di hari yang sama. Total nilai transaksi ini mencapai 3,7 triliun rupiah.

Saham tersebut dibeli dari pemegang saham SIDO sebelumnyaConcordant Investments Pte. Ltd. Setelah transaksi ini, kepemilikan PT Hotel Candi Baru naik dari 60,46% menjadi 77,59%, sementara kepemilikan Concordant Investments Pte. Ltd. di SIDO menjadi 0%.

PT Hotel Candi Baru mengatakan dalam keterbukaan informasi bahwa mereka merasa yakin pertumbuhan kinerja SIDO akan semakin membaik di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Selain itu, SIDO juga mengumumkan permohonan pengunduran diri Bapak Leonard dari jabatannya selaku Direktur Keuangan perseroan, yang akan berlaku efektif sejak 5 Mei 2024.

Key Takeaway

Sejak publikasi Mini Unboxing SIDO kami pada awal Januari 2024, harga saham SIDO telah menguat +35,6% ke level tertingginya di 705 rupiah per lembar pada perdagangan intraday hari ini, Jumat (5/4), sebelum ditutup di level 675 rupiah per lembar. Kamu dapat membaca Mini Unboxing SIDO selengkapnya di sini.

Kami menilai momentum saat ini dapat dijadikan kesempatan bagi investor untuk mengamankan profit, paling tidak sebagian (partial take profit). Dari aspek valuasi, dengan harga saham saat ini di 675 rupiah per lembar, kami menilai bahwa Forward PE SIDO yang telah naik ke 19x hanya akan menawarkan upside lanjutan yang relatif terbatas.

*Informasi dalam headline ini telah lebih dahulu kami bagikan melalui Stockbit Commentary di sini.

Sumber: Stockbit

Saham Terkait: $SIDO


Berita Korporasi

🚀 PYFA Umumkan Harga Rights Issue Rp100/Lembar

  • $PYFA: Pyridam Farma mengumumkan harga pelaksanaan rights issue sebesar 100 rupiah per lembar, dengan harga pelaksanaan waran sebesar 800 rupiah per lembar. Dalam aksi korporasi ini, PYFA akan menerbitkan hingga 10,7 miliar saham baru dengan efek dilusi hingga 95,8% dan rasio 1:20, serta penerbitan 178,4 juta waran dengan rasio 60:1. Potensi dana maksimum sebesar 1,07 triliun rupiah, yang ditujukan untuk setoran modal ke perusahaan anak, Pyfa Australia Pty. Ltd, guna mengakuisisi Probiotec Limited (ASX: PBP). Cum right di pasar reguler dan negosiasi pada 19 April 2024.

     

  • $KLBF: Kalbe Farma akan melakukan buyback saham hingga 625 juta (1,3%) lembar, dengan dana hingga 1 triliun rupiah dan harga buyback maksimum sebesar 1.600 rupiah per saham. Aksi korporasi ini akan berlangsung pada 16 Mei 2024–15 Mei 2025.

     

  • $ISAT: Menteri Komunikasi, Budi Arie Setiadi, mengatakan bahwa Nvidia Corp. (Nasdaq: NVDA) dan Indosat berencana membangun pusat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) senilai 200 juta dolar AS di Solo, Jawa Tengah. Juru bicara ISAT, Steve Saerang, mengatakan kepada Reuters bahwa saat ini fokus utama ISAT adalah mengembangkan center of excellence terkait AI di Solo, seraya menambahkan bahwa kolaborasi tersebut akan mendorong pengembangan infrastruktur teknologi di Indonesia.

     

  • $BNLIBank Permata akan membagikan dividen tahun buku 2023 sebesar 904,53 miliar rupiah atau 25 rupiah per sahamCum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 19 April 2024, dengan pembayaran pada 3 Mei 2024. Mengacu harga saham BNLI pada penutupan bursa hari Jumat (5/4) di 965 rupiah per lembar, maka indikasi dividend yield adalah 2,5%.

     

  • $AVIAAvia Avian akan membagikan dividen final tahun buku 2023 sebesar 681 miliar rupiah atau 11 rupiah per saham. Cum dividen dan tanggal pembayaran belum diumumkan. Mengacu harga saham AVIA pada penutupan bursa hari Jumat (5/4) di 555 rupiah per lembar, maka indikasi yield dividen final adalah 1,9%. Sebelumnya, AVIA juga telah membagikan dividen interim sebesar 11 rupiah per saham pada Oktober 2023.


Saham Top Gainer Hari Ini 🔥

$MBMA

+4,50%

$SSIA

+3,06%

$BRPT

+3,61%

$LPPF

+2,47%

Saham Top Loser Hari Ini 🤕

$CTRA

-4,69%

$PNLF

-3,21%

$DSNG

-3,57%

$MYOR

-3,20%

Performa Sektor Hari Ini đź“Š


Berita Lainnya

🔥 Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui...

  • Bloomberg melaporkan bahwa Permendag No. 36 Tahun 2023 tentang kebijakan dan pengaturan impor menyebabkan pasokan MacBook Pro di Indonesia berpotensi habis pada akhir April 2024Bloomberg juga melaporkan bahwa pasokan barang-barang impor lain, seperti ban Michelin dan bahan kimia yang dikirim dari Eropa, kemungkinan akan habis dalam beberapa bulan ke depan.

  • Kementerian ESDM mencatat bahwa realisasi lifting minyak pada 1Q24 turun -8% YoY menjadi 563 ribu barel per hari (bph), dengan lifting gas turun -6% YoY menjadi 5.075 mmscfd. Jika dibandingkan dengan target, realisasi lifting minyak pada 1Q24 setara 88,5% dari target APBN, sedangkan capaian lifting gas setara 87,7% dari target APBN.

  • Data organisasi riset Centre for Research on Energy and Clean Air (CREA) per 2023 menunjukkan tren penurunan kualitas udara di seluruh Indonesia, dengan tingkat polusi di Jakarta mencapai level terburuk sejak 2019. CREA mencatat bahwa konsentrasi PM 2.5 di Jakarta konstan di kisaran 40–50 mikrogram per meter kubik dari Juni 2023 hingga akhir 2023, lebih tinggi 10x lipat dari batas yang ditetapkan WHO di level 5 mikrogram per meter kubik.

  • Kompas melaporkan bahwa belum diputuskannya program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBTuntuk 2025 disebabkan oleh perbedaan pandangan di dalam tubuh pemerintah. Kementerian ESDM, kebijakan HGBT ini menghilangkan potensi pendapatan negara dan BUMN. Di sisi lain, Kementerian Perindustrian menilai bahwa HGBT pada 2021–2023 membuat negara menerima nilai tambah hingga 157,2 triliun rupiah atau lebih besar 3x lipat dari 'subsidi' yang dikeluarkan negara dalam program tersebut.

  • Pemegang saham Energi Mega Persada ($ENRG), PT Shima Global Kapital, membeli 3,3 miliar saham ENRG, berdasarkan data KSEI per 3 April 2023. Nilai transaksi belum diketahui. Setelah transaksi ini, kepemilikan PT Shima Global Kapital di ENRG naik dari 11,92% menjadi 25,23%.


Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

✨ Menilik Sepak Terjang Salah Dua Konglomerasi Tersukses di Indonesia

Photo by: Stockbit

“Ke depannya, mungkin kedua group ini masih akan cukup dominan di IHSG, corporate action, ataupun mega deals lainnya.”— Ray94

Salim dan Barito Group merupakan salah dua konglomerasi paling jaya di Indonesia. Meskipun didirikan sejak tahun 70-an, keduanya masih tetap relevan saat ini. Belum lama ini mereka sukses menggemparkan IDX lewat IPO $AMMN & $BREN hingga mengubah susunan top 10 market cap IDX, bahkan keduanya berhasil menggeser posisi market cap top company. Lantas bagaimana keduanya bisa terus berjaya dan mampu terus menaiki Forbes Rich List hingga sekarang? Baca ulasan selengkapnya pada tulisan Ray94 berikut ini!

Sekilas tentang Ray94

Stockbitor yang akrab dipanggil Ko Ray ini adalah seorang profesional di bidang finance dan juga investor yang aktif menulis  berbagai insights di Stream. Mulai dari komparasi emiten, analsis fundamental, hingga update informasi seputar pasar modal. Kamu bisa menemukan tulisan lainnya di sini!


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis & Editor: Team Stockbit Research

Copyright 2024 Stockbit, all rights reserved. 

Disclaimer: 

Informasi ini dimiliki oleh PT Stockbit Sekuritas Digital (“Stockbit”), Perusahaan efek yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/ menjual saham tertentu. Always do your own research

Selanjutnya, Semua keputusan investasi nasabah mengandung risiko dan adanya kemungkinan kerugian atas investasi tersebut. Seluruh risiko investasi bukan merupakan tanggung jawab Stockbit melainkan menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah. Nasabah setuju untuk membebaskan Stockbit dari segala gugatan hukum jika terjadi kerugian Nasabah yang disebabkan karena risiko investasi tersebut.

Domain resmi Stockbit adalah “https://stockbit.com/” dan semua informasi yang dikirimkan oleh kami akan menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit dan/atau alamat email yang diakhiri “@Stockbit.com” Semua pemberian Informasi Rahasia kepada pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit namun tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit merupakan tanggung jawab pribadi pihak pemilik Informasi Rahasia dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap penyalahgunaan Informasi Rahasia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit yang tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit.