šŸ’°  Big 4 Banks Rebound di Tengah Tekanan Foreign Outflow / by Stockbit Snips

4 April 2024

Daily Market Performance šŸš€

IHSG

7.254

+1,12%

Coal

129,6

-1,97%

Crude Oil

85,3

-0,28%

Gold

2.291

-0,26%

CPO

4.565

+0,31%

Nickel

17.163

+1,89%

šŸ‘‹ Stockbitor!

Harga saham Big 4 Banks mengalami rebound pada perdagangan hari ini, Kamis (4/4), dengan BBCA +3,4%, BBNI +0,5%, BBRI +1,3%, dan BMRI +1,5%. Penguatan harga saham Big 4 Bank terjadi kendati kombinasi keempatnya mengalami net foreign outflow sebesar 542 miliar rupiah, melanjutkan net foreign outflow harian sebesar 1,7 triliun rupiah secara berturut-turut pada Selasa (2/4) dan Rabu (3/4).

Dalam sebulan terakhir, Big 4 Banks telah mencatatkan net foreign outflow sebesar 4,4 triliun rupiah. Meski demikian, Big 4 Banks masih mencatatkan net foreign inflow sebesar 7,8 triliun rupiah secara kumulatif sejak awal tahun (YTD).

Seiring derasnya net foreign outflow di keempat bank tersebut, dan dengan mengesampingkan dividen, saat ini hanya BMRI yang masih mencatatkan kenaikan return sebesar double digit secara YTD. Di sisi lain, performa harga saham BBCA tercatat naik low single digit, sedangkan BBRI dan BBNI sudah mencatatkan penurunan harga saham secara YTD.

Key Takeaway

Foreign outflow terhadap Big 4 Banks ini kemungkinan dipicu oleh 2 hal. Pertama, kenaikan yield obligasi pemerintah Indonesia dan kekhawatiran akan kebijakan fiskal pemerintah mendatang, yang tercermin dari melemahnya rupiah hingga hampir menyentuh level 16.000 rupiah per dolar AS dan yield obligasi pemerintah Indonesia tenor 10 tahun yang naik hingga 22 bps sejak awal tahun ke level 6,77%. Kedua, saham Big 4 Banks telah mengalami kenaikan double digit secara YTD serta telah membagikan dividen, sehingga investor asing memanfaatkannya untuk take profit.

Kami menilai bahwa koreksi ini dapat menjadi kesempatan untuk membeli saham Big 4 Banks dengan valuasi yang lebih wajar. Kami juga baru saja merilis riset mengenai sektor perbankan yang dapat diakses di sini.

Saham Terkait: $BBRI, $BMRI, $BBCA, $BBNI


Berita Korporasi

šŸ’° LPPF Bagikan Dividen dengan Indikasi Yield 10,9%

  • $LPPFMatahari Department Store akan membagikan dividen tahun buku 2023 sebesar 451,86 miliar rupiah atau 200 rupiah per sahamCum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 19 April 2024, dengan pembayaran pada 29 April 2024. Mengacu harga saham LPPF pada penutupan bursa hari Kamis (4/4) di 1.825 rupiah per lembar, maka indikasi dividend yield adalah 10,9%.

     

  • $INCOMenteri ESDM, Arifin Tasrif, mengatakan bahwa komitmen investasi Vale Indonesia bertambah dari 9,2 miliar dolar AS untuk menggarap 3 smelter menjadi 11,2 miliar dolar AS untuk menggarap 4 smelter. Arifin tidak menjelaskan lebih lanjut tambahan 1 proyek smelter yang akan dikerjakan INCO, tetapi dia menyebut bahwa tambahan komitmen investasi merupakan persyaratan untuk perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) hingga 2045Sebelumnya, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, mengatakan bahwa INCO tengah menjajaki pembangunan smelter HPAL ketiga berkapasitas produksi sebesar 60.000 ton nikel MHP per tahun di Sulawesi, dengan nilai investasi 30 triliun rupiah.

     

  • $MIDIMidi Utama Indonesia mencatatkan same store sales growth (SSSG) sebesar +13,67% YoY pada 1Q24 (vs. 4Q23: +6,22% YoY). Untuk 2024, manajemen MIDI menargetkan SSSG sebesar +6% YoY (vs. realisasi 2023: 6,17%).

     

  • $TINS: Direktur Utama Timah, Ahmad Dani, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan volume produksi sebesar 30 ribu ton pada 2024, naik sekitar +100% YoY dari realisasi 2023. Untuk mencapai target tersebut, TINS mengalokasikan capex sebesar 700 miliar rupiah pada 2024, yang ditujukan untuk perbaikan dan pemeliharaan alat kerja serta pengadaan alat-alat baru.

     

  • $GOTO: Presiden Unit Bisnis E-commerce GoTo Gojek Tokopedia, Melissa Siska Juminto, mengatakan bahwa TikTok Shop dan Tokopedia telah selesai mengintegrasikan sistem mereka sesuai persyaratan merger pada 27 Maret 2024lebih cepat dari periode masa uji coba yang baru akan berakhir pada April 2024. Integrasi tersebut menghasilkan rebranding bernama Shop Tokopedia. Tech in Asia melaporkan bahwa untuk saat ini, Kementerian Perdagangan akan mengaudit proses integrasi tersebut.

     

  • $JPFA: Kepala Divisi Pengawasan Keuangan Japfa Comfeed Indonesia, Erwin Djohan, mengatakan bahwa pemegang saham perseroan setuju untuk tidak membagikan dividen tahun buku 2023, dengan menetapkan laba bersih sebesar 930 miliar rupiah sebagai laba ditahan. Erwin juga menyebut bahwa JPFA mengalokasikan capex sebesar 2 triliun rupiah pada 2024, relatif sama seperti alokasi 2023, yang ditujukan untuk memperkuat bisnis hilir melalui pengembangan pengolahan hasil peternakan dan produk konsumen.


Saham Top Gainer Hari Ini šŸ”„

$MBMA

+13,27%

$ASSA

+6,45%

$MDKA

+12,13%

$PTMP

+6,08%

Saham Top Loser Hari Ini šŸ¤•

$SILO

-3,47%

$INKP

-2,53%

$SMIL

-3,36%

$DSNG

-2,10%

Performa Sektor Hari Ini šŸ“Š


Berita Lainnya

šŸ”„ Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui...

  • OPEC+ memutuskan untuk mempertahankan kebijakan pemangkasan produksinya dalam pertemuan pada Rabu (3/4). Sebelumnya, OPEC+ telah sepakat untuk mengurangi produksi minyak secara sukarela sebesar 2,2 juta barel hingga akhir Juni 2024. Selain pemangkasan sukarela, OPEC+ pada Juni 2023 juga menyepakati pemangkasan produksi sebanyak 3,66 juta barel per hari hingga akhir 2024. Seiring kabar ini, harga minyak mentah Brent menguat +0,3% ke level 90,1 dolar AS per barel pada Rabu (3/4), menandai level tertinggi dalam 5 bulan terakhir.

  • Harga emas menguat +0,1% ke level 2.301 dolar AS per ons dalam perdagangan intraday pada Kamis (4/4), menandai level all-time highPenguatan harga emas terjadi seiring komentar Kepala The Fed, Jerome Powell, yang menegaskan bahwa data peningkatan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan tidak secara signifikan mengubah gambaran keseluruhan kebijakan ekonomi pada 2024. The Fed sendiri memproyeksikan pemangkasan suku bunga sebanyak 75 bps selama 2024, dengan market mengekspektasikan pemangkasan suku bunga akan dimulai pada pertemuan bulan Juni 2024.

  • Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto, mengatakan bahwa layanan telekomunikasi berbasis satelit orbit rendah milik Elon Musk, Starlink, akan segera hadir secara retail di Indonesia melalui PT Starlink Services Indonesia. Wayan memperkirakan seluruh proses izin perusahaan tersebut bisa selesai pada 2024. Sebelumnya, layanan telekomunikasi satelit Starlink sudah hadir di Indonesia dengan skema bisnis ke bisnis (B2B) melalui mekanisme kerja sama dengan Telkomsat, anak usaha Telkom Indonesia ($TLKM).

  • Nusantara Sejahtera Raya ($CNMA) akan membagikan dividen tahun buku 2023 sebesar 666,76 miliar rupiah atau 8 rupiah per saham. Cum dividen dan tanggal pembayaran belum diumumkan. Mengacu harga saham CNMA pada penutupan bursa hari Kamis (4/4) di 242 rupiah per lembar, maka indikasi dividend yield adalah 3,3%.

  • BEI menerbitkan peraturan baru mengenai pemecahan saham (stock split) dan penggabungan saham (reverse stock split). Salah satu ketentuannya adalah kewajiban menyampaikan laporan penilaian saham atas kewajaran harga saham. Selain itu, terdapat ketentuan kondisi tertentu yang menyebabkan BEI tidak dapat menyetujui pelaksanaan pemecahan dan penggabungan saham meski sudah memperoleh persetujuan RUPS, dengan mempertimbangkan substansi persyaratan dan aspek perlindungan investor.


Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

ć€½ļø Serba-serbi Kasus TINS yang Sedang Ramai

Photo by: Stockbit

ā€œJadi yang hilang di tengah jalan itu total hitungan sekitar 414.525 ton selama 8 tahun.ā€ā€” Stockbiz8

Beberapa waktu ini masyarakat dikejutkan oleh berita terkait emiten TINS yang menggemparkan. Banyak kalangan pun membicarakan terkait kasus ini, termasuk oleh investor dan trader dalam negeri. Apa sebenarnya kasus yang sedang terjadi, bagaimana runtutan peristiwanya, serta bagaimana pengaruhnya terhadap emiten TINS? Melalui tulisannya, stockbiz8 menjabarkannya melalui beberapa bagian yang bisa dibaca di sini!


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis & Editor: Team Stockbit Research

Copyright 2024 Stockbit, all rights reserved. 

Disclaimer: 

Informasi ini dimiliki oleh PT Stockbit Sekuritas Digital (ā€œStockbitā€), Perusahaan efek yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/ menjual saham tertentu. Always do your own research

Selanjutnya, Semua keputusan investasi nasabah mengandung risiko dan adanya kemungkinan kerugian atas investasi tersebut. Seluruh risiko investasi bukan merupakan tanggung jawab Stockbit melainkan menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah. Nasabah setuju untuk membebaskan Stockbit dari segala gugatan hukum jika terjadi kerugian Nasabah yang disebabkan karena risiko investasi tersebut.

Domain resmi Stockbit adalah ā€œhttps://stockbit.com/ā€ dan semua informasi yang dikirimkan oleh kami akan menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit dan/atau alamat email yang diakhiri ā€œ@Stockbit.comā€ Semua pemberian Informasi Rahasia kepada pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit namun tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit merupakan tanggung jawab pribadi pihak pemilik Informasi Rahasia dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap penyalahgunaan Informasi Rahasia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit yang tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit.