Snips Explained: Indeks / by Stockbit Snips

inline_image_preview.jpg

Setiap hari, harga saham ataupun harga komoditas berubah. Ada yang naik, ada yang turun. Angka-angka tersebut memperlihatkan situasi pasar, baik secara pasar secara keseluruhan (IHSG) atau secara lebih spesifik (harga komoditas) seperti batu bara, minyak bumi, emas, nikel, dan CPO.


📈 IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan)

Apa itu IHSG: Simpelnya, IHSG adalah indeks yang kasih liat rata-rata performa seluruh perusahaan yang seluruh perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Kenapa IHSG itu penting: Dengan melihat IHSG, kita dapat melihat rata-rata pergerakan saham yang terdapat di Bursa Efek Indonesia secara keseluruhan. Mulai dari perusahaan besar, mapan, dan berpengaruh yang biasanya disebut sebagai “blue-chip”, maupun perusahaan yang ukurannya lebih kecil. 

Apa yang membuat IHSG naik dan turun: IHSG akan naik dan turun sesuai dengan pergerakan saham yang terdapat di dalamnya. Perusahaan dengan kapitalisasi pasar atau market cap yang lebih besar memiliki pengaruh lebih besar terhadap IHSG.


Coal (Batu Bara)

Apa itu Coal: Simpelnya, Coal menunjukkan harga batu bara. Angka tersebut dinyatakan dalam dolar AS per ton. Batu bara adalah bahan bakar utama yang digunakan untuk menghasilkan listrik di seluruh dunia.

Kenapa harga coal itu penting: Saat perusahaan batu bara menjual batu bara ke pelanggannya, perusahaan biasanya akan menggunakan acuan harga batu bara. Sehingga, semakin tinggi harga batu bara, perusahaan batu bara berpotensi mencatatkan peningkatan pendapatan nya.

Selain itu, harga batu bara juga bisa berdampak pada perusahaan yang menggunakan batu bara sebagai bahan baku, seperti perusahaan semen dan pembangkit listrik. 

Apa yang membuat harga coal naik dan turun:  Harga batu bara naik dan turun sesuai dengan supply (penawaran) dan demand (permintaan). Intinya, semakin banyak orang yang membeli batu bara, semakin tinggi harga batu bara. 

Sementara itu, semakin banyak orang yang menjual batu bara, semakin rendah harganya. 

Beberapa hal yang mempengaruhi demand coal adalah: permintaan listrik, proporsi batu bara pada bauran energi (energy mix) negara-negara.

Beberapa hal yang mempengaruhi supply coal adalah: produksi dan jumlah cadangan batu bara di negara supplier batu bara terbesar, seperti China, India, dan Amerika Serikat. 


🛢️ Oil (Minyak Bumi)

Apa itu Oil: Simpelnya, angka Oil menunjukan harga minyak bumi. Angka tersebut dinyatakan dalam dolar AS per barel minyak. Nilai acuan yang digunakan adalah West Texas Intermediate (WTI), salah satu dari tiga tolak ukur minyak utama yang digunakan di seluruh dunia. 

Minyak bumi biasanya digunakan dalam berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bahan bakar kendaraan, bahan untuk industri kimia, bahan konstruksi, bahan membuat pakaian, hingga untuk bidang pertanian.

Kenapa harga oil itu penting: Harga minyak ini penting untuk perusahaan minyak. Saat menjual minyak ke pelanggan nya, perusahaan biasanya akan menggunakan acuan harga minyak.

Harga minyak juga bisa berdampak pada perusahaan yang menggunakan minyak sebagai bahan baku, seperti perusahaan petrokimia dan transportasi. 

Apa yang membuat harga oil naik dan turun:  Harga minyak bumi naik dan turun sesuai dengan supply (penawaran) dan demand (permintaan). Intinya, semakin banyak orang yang membeli minyak bumi, semakin tinggi harga minyak bumi. Sedangkan, semakin banyak orang yang jual minyak bumi, semakin rendah harga minyak bumi.

Beberapa hal yang mempengaruhi demand oil adalah: Peningkatan permintaan untuk produk-produk minyak, seperti transportasi, listrik, dan produk petrokimia seperti plastik.  

Beberapa hal yang mempengaruhi supply oil adalah: jumlah supply dari negara-negara penghasil minyak utama, atau OPEC. Biasanya supply OPEC juga dipengaruhi oleh kesepakatan dan konflik antara negara-negara OPEC dalam penentuan jumlah minyak yang akan mereka produksi. 


🏅 Gold (Emas)

Apa itu Gold: Simpelnya, angka Gold menunjukan harga emas. Angka tersebut dinyatakan dalam dolar AS per troy ounce. 

Emas biasanya digunakan dalam berbagai keperluan seperti perhiasan, devisa negara, maupun teknologi. Emas juga sering dipakai sebagai sarana investasi, terutama pada saat masa ketidakpastian karena dianggap sebagai aset yang aman atau safe haven. Sehingga, emas sering dijadikan sarana bagi investor untuk melakukan perlindungan nilai (hedging).

Kenapa harga gold itu penting:  Harga emas ini penting untuk perusahaan emas. Saat menjual emas ke pelanggan nya, perusahaan biasanya akan menggunakan acuan harga emas. Selain itu, harga emas juga penting karena sering digunakan oleh investor sebagai sarana perlindungan nilai. Bank sentral negara juga sering memiliki cadangan emas. 

Apa yang membuat harga gold naik dan turun:  Harga emas naik dan turun sesuai dengan supply (penawaran) dan demand (permintaan). Intinya, semakin banyak orang yang membeli emas, semakin tinggi harga emas. Sedangkan, semakin banyak orang yang jual emas, semakin rendah harga emas.

Beberapa hal yang mempengaruhi demand gold adalah: Peningkatan permintaan untuk produk-produk emas, seperti perhiasan. Selain itu, permintaan emas juga biasanya meningkat pada saat terdapat ketidakpastian politik ataupun ekonomi. 

Beberapa hal yang mempengaruhi supply gold adalah: jumlah supply dari negara-negara utama. Namun, berbeda dengan komoditas lain seperti minyak ataupun batubara yang produk nya dikonsumsi, emas lebih sering digunakan sebagai alat penyimpan nilai.


🔋 Nickel 

Apa itu Nickel: Simpelnya, angka Nickel menunjukan harga nikel. Angka tersebut dinyatakan dalam dolar AS per ton. 

Komoditas nikel biasanya digunakan sebagai bahan baku stainless steel. Selain itu, nikel juga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan baterai, termasuk baterai mobil listrik.

Kenapa harga nickel itu penting: Saat menjual nikel ke pelanggan nya, perusahaan nikel biasanya akan menggunakan acuan harga nikel.

Apa yang membuat harga nickel naik dan turun: Sama seperti komoditas lain, harga nikel naik dan turun sesuai dengan supply (penawaran) dan demand (permintaan). Intinya, semakin banyak orang yang membeli nikel, semakin tinggi harganya. Sebaliknya, semakin banyak orang yang menjual nikel, semakin rendah harganya.

Beberapa hal yang mempengaruhi demand nickel adalah: Peningkatan permintaan untuk produk-produk nikel, seperti stainless steel, baterai mobil listrik, dan baterai lainnya. 

Beberapa hal yang mempengaruhi supply nickel adalah:  jumlah supply dari negara-negara produsen utama nikel, seperti Indonesia, Filipina, dan Rusia. 


🌴 CPO (Minyak Sawit)

Apa itu CPO: Simpelnya, angka CPO menunjukan harga minyak sawit mentah. Angka tersebut dinyatakan dalam ringgit Malaysia per ton. 

CPO biasanya dipakai dalam kehidupan kita sehari-sehari dalam bentuk minyak goreng, margarin, bahkan bahan bakar mobil atau biodiesel. 

Kenapa harga CPO itu penting: Harga CPO ini penting untuk perusahaan CPO. Saat menjual CPO ke pelanggannya, perusahaan biasanya akan menggunakan acuan harga CPO. 

Selain itu, CPO juga merupakan salah satu produk ekspor utama Indonesia, sehingga juga mempengaruhi ekonomi dan neraca dagang Indonesia. 

Apa yang membuat harga CPO naik dan turun: Sama seperti komoditas lain, harga CPO naik dan turun sesuai dengan supply (penawaran) dan demand (permintaan). Intinya, semakin banyak orang yang membeli CPO, semakin tinggi harganya. Sebaliknya, semakin banyak orang yang jual CPO, semakin rendah harganya.

Beberapa hal yang mempengaruhi demand CPO adalah: Peningkatan permintaan untuk produk-produk CPO, seperti minyak goreng, biodiesel. 

Beberapa hal yang mempengaruhi supply CPOadalah: jumlah supply dari negara-negara produsen utama CPO, seperti Indonesia dan Malaysia.