πŸ™ŒπŸ» Pemerintah Berencana Lebur 7 BUMN Karya Jadi 3 Entitas / by Stockbit Snips

22 Maret 2024

Daily Market Performance πŸš€

IHSG

7.334

+0,16%

Coal

128,2

+0,28%

Crude Oil

80,9

-0,09%

Gold

2.169

-0,54%

CPO

4.308

-1,01%

Nickel

17.337

+0,27%

πŸ‘‹ Stockbitor!

Menteri BUMN, Erick Thohirmengatakan bahwa pemerintah berencana memangkas jumlah BUMN Karya dari 7 perusahaan menjadi 3 perusahaan melalui konsolidasi. Aksi ini merupakan bagian dari penyehatan keuangan BUMN Karya, yang sebelumnya sudah diwacanakan sejak 2023.

Erick menyebut bahwa entitas yang akan bertahan setelah merger adalah Adhi Karya ($ADHI), PT PP ($PTPP), dan PT Hutama Karya. Nantinya, masing-masing perusahaan hasil merger akan diberikan fokus kepada lini bisnis dan keahliannya masing-masing, dengan rincian sebagai berikut:

  • PT Hutama Karya dan Waskita Karya ($WSKT): proyek-proyek jalan tol, non-tol, institutional building, dan residential commercial.

  • PTPP dan Wijaya Karya ($WIKA): proyek-proyek bandara, pelabuhan, serta beberapa proyek residensial yang tersisa.

  • ADHI, PT Nindya Karya, dan PT Brantas Abipraya: proyek konstruksi terkait air dan infrastruktur perkeretaapian.

Erick mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan untuk mendorong rencana konsolidasi tersebut. Erick belum memberikan tanggal terkait kapan aksi konsolidasi BUMN Karya rampung dan hanya menegaskan bahwa pihaknya masih punya waktu untuk merealisasikan aksi korporasi ini hingga Oktober 2024 atau sebelum masa jabatannya berakhir.

Terkait kabar ini, WIKA dan ADHI masih menolak berkomentar, sementara PTPP menyebut masih menunggu arahan lebih jelas dari Kementerian BUMN.

Kondisi kesehatan keuangan BUMN Karya sendiri menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir, dengan WIKA dan WSKT diterpa serangkaian PKPU. Berdasarkan metrik Debt-to-Equity Ratio (DER), seluruh emiten BUMN Karya tingkat utang yang tinggi:

  • WSKT: 9,88x (per 9M23)

  • WIKA: 4,52x (per 9M23)

  • PTPP: 1,55x (per FY23)

  • ADHI: 1,37x (per FY23)

Pada Februari 2024, WIKA bersama 15 kreditur telah menyepakati master restructuring agreement (MRA) senilai 24,79 triliun rupiah.

Key Takeaway

Meski belum terdapat detail mengenai rencana merger ini, kami menilai bahwa konsolidasi BUMN Karya dapat berdampak positif dalam jangka panjang. Selain struktur permodalan entitas hasil merger yang menjadi lebih kuat, pembagian fokus usaha juga akan mengurangi kompetisi dan meningkatkan spesialisasi. Dengan begitu, profitabilitas BUMN Karya bisa meningkat ke depannya.

Khusus untuk wacana merger PTPP dan WIKA, kami menilai bahwa merger keduanya berpotensi memberikan sentimen negatif terhadap PTPP dalam jangka pendek. Sebab, saat ini PTPP memiliki kesehatan finansial dan profitabilitas yang jauh lebih baik dibandingkan WIKA. Namun, dampak sebenarnya dari merger kedua perusahaan tersebut akan bergantung kepada skema merger.

Pada Jumat (22/3), harga saham PTPP turun -2,78%, ADHI tidak berubah, sementara WIKA dan WSKT masih mengalami suspensi.

Saham terkait: $ADHI, $WIKA, $WSKT, $PTPP


Berita Korporasi

🫢🏻 INTP: Laba Bersih FY23 +6% YoY, Sesuai Estimasi

  • $INTP: Indocement Tunggal Prakarsa mencatatkan laba bersih sebesar 1,95 triliun rupiah (+6% YoYpada 2023sesuai estimasi konsensus. Hasil tersebut ditopang pertumbuhan pendapatan +10% YoY, sementara beban pokok pendapatan (+8,2% YoY) naik lebih moderat, sehingga laba kotor meningkat +14% YoY. Secara kuartalan, laba bersih pada 4Q23 tercatat sebesar 683 miliar rupiah (+20% QoQ, -24% YoY), dengan pendapatan sebesar 5 triliun rupiah (+1,3% QoQ, +7,6% YoY).

  • $ARTOBank Jago mencatatkan laba bersih sebesar 72,4 miliar rupiah (+355% YoYpada 2023. Hasil tersebut ditopang pertumbuhan Net Interest Income (NII) sebesar +17% YoY dan pendapatan operasional lainnya sebesar +152% YoY, sehingga laba operasional meningkat +582% YoY. Secara kuartalan, laba bersih pada 4Q23 tercatat sebesar 22 miliar rupiah (+126% QoQberbalik dari rugi bersih 25 miliar rupiah pada 4Q22), dengan NII sebesar 374 miliar rupiah (-0,7% QoQ, +1,4% YoY).

  • $ASIIAstra International berencana melakukan penambahan kegiatan usaha, antara lain industri baterai untuk kendaraan bermotor listrik, penjualan tenaga listrik, dan pengumpulan limbah berbahaya. Ekspansi bisnis ini didasarkan rencana perseroan untuk menjalankan usaha tambahan berupa penyediaan jasa electric vehicle (EVcharging stationEV swap battery station, reparasi baterai EV, pengumpulan baterai EV, dan aktivitas penunjang lainnya. Rencana ini akan dibahas dalam RUPST pada 30 April 2024.

  • $MPMX: Direktur Mitra Pinasthika Mustika, Beatrice Kartika, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan pendapatan dapat tumbuh +5% YoY pada 2024. Beatrice juga menyebut bahwa MPMX akan mengalokasikan capex sebesar 50–75 miliar rupiah pada 2024, yang ditujukan untuk digitalisasi gudang dan renovasi dealer. Jumlah capex tersebut lebih rendah dibandingkan estimasi kami di level 100–200 miliar rupiah, seperti yang kami tuliskan dalam Mini Unboxing MPMX. Hal ini berpotensi meningkatkan dividend payout ratio perseroan.

  • $ADHIAdhi Karya mencatatkan nilai kontrak baru sebesar 4 triliun rupiah (+106% YoYpada Januari 2024, setara 10,7% dari target 2023 di level 37,4 triliun rupiah. Sekretaris Perusahaan ADHI, Farid Budiyanto, mengatakan bahwa realisasi kontrak baru pada Januari 2024 didapat dari proyek sumber daya air sebesar 79%, proyek gedung sebesar 16%, dan sisanya terdiri dari proyek manufaktur, properti, serta jalan dan jembatan. Sebanyak 90% dari nilai kontrak baru berasal dari pemerintah.
     

  • $BDMN: Pemegang saham Bank Danamon Indonesia menyetujui pembagian dividen tahun buku 2023 sebesar 1,23 triliun rupiah atau 125,48 per saham, setara 35% dividend payout ratio. Cum dividen dan tanggal pembayaran belum diumumkan. Mengacu harga saham BDMN pada penutupan bursa hari Jumat (22/3) di level 3010 rupiah per lembar, maka indikasi dividend yield adalah 4,2%.

  • $ISAT: SVP Head of Corporate Communications Indosat, Steve Saerang, mengatakan bahwa pihaknya mengalokasikan capex sebesar 12 triliun rupiah pada 2024 (vs. realisasi 2023: 12,7 triliun rupiah). Dana tersebut akan digunakan untuk memperluas jangkauan, menambah kapasitasserta meningkatkan kualitas jaringan hingga ke wilayah pedesaan, khususnya di wilayah timur Indonesia.


Saham Top Gainer Hari Ini πŸ”₯

$BBTN

+9,47%

$BUKA

+4,90%

$AGRO

+6,34%

$ESSA

+3,15%

Saham Top Loser Hari Ini πŸ€•

$PTMP

-10,36%

$AKRA

-4,23%

$TINS

-6,43%

$MDKA

-3,33%

Performa Sektor Hari Ini πŸ“Š


Berita Lainnya

πŸ”₯ Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui...

  • Gunung Raja Paksi ($GGRPberencana menjual 76,07% saham di anak usahanya, PT Nusantara Baja Profil (NBP), senilai 319,2 juta dolar AS atau ~4,9 triliun rupiah. Pihak pembeli dalam transaksi tersebut adalah Yamato Kogyo Co. Ltd., Siam Yamato Steel Co. Ltd., dan PT Hanwa Indonesia. Setelah transaksi inikepemilikan GGRP di NBP turun menjadi 5%.

  • Pemegang saham Essa Industries Indonesia ($ESSAmenyetujui pembagian dividen tahun buku 2023 sebesar 86,13 miliar rupiah atau 5 rupiah per saham. Cum dividen dan tanggal pembayaran belum diumumkan. Mengacu harga saham ESSA pada penutupan bursa hari Jumat (22/3) di level 655 rupiah per lembar, maka indikasi dividend yield adalah 0,8%.

  • Bank Raya Indonesia ($AGRO) berencana buyback saham dengan nilai maksimum 60 miliar rupiah. Tanggal pelaksanaan belum diumumkan. Aksi korporasi ini ditujukan untuk Management and Employee Share Ownership Program (MESOP). Rencana ini akan dibahas dalam RUPST pada 30 April 2024.

  • Garudafood Putra Putri Jaya ($GOOD) berencana buyback saham hingga 46,39 juta (0,13%lembar dengan dana maksimum 20 miliar rupiah, sehingga indikasi harga buyback adalah 431 rupiah per saham. Tanggal pelaksanaan belum diumumkan. Aksi korporasi ini ditujukan untuk menjaga stabilitas harga saham perseroan jika harga saham perseroan tidak mencerminkan nilai atau kinerjanya. Rencana ini akan dibahas dalam RUPSLB pada 30 April 2024.

  • Akbar Indo Makmur Stimec ($AIMS) berencana menggelar rights issue hingga 770 juta (250% dari modal disetor) saham baru dengan efek dilusi hingga 77,8% Aksi korporasi ini juga disertai penerbitan 77 juta waran dengan rasio 10:1. Harga pelaksanaan rights issue dan waran belum diumumkan. Sebanyak 72% dana yang diperoleh ditujukan untuk mendanai ekspansi di industri entertainment & lifestyle, sementara sisanya untuk mengakuisisi PT Super Potato Indonesia, PT Raga Citra Mulia, dan 1 unit kantor seluas 159,2 meter persegi di Kebayoran Baru. Rencana ini akan dibahas dalam RUPSLB pada 29 April 2024.


Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

☁️  Seandainya Mulai Investasi dari Awal Lagi, Apa Yang akan Saya Ubah?

Photo by: Stockbit

Jangan sungkan mengakui jika kamu mengalami bias behavioral sebagai investor saham dan perbaiki."β€” parahitairawan

Tahun ini genap 20 tahun sejak saya mulai berinvestasi saham. Saya memulainya ketika masih menjadi seorang karyawan. Dengan waktu yang terbatas untuk membuka usaha, investasi saham untuk persiapan pensiun merupakan pilihan yang masuk akal bagi saya. Banyak pengalaman manis, pahit, asam dan asin yang saya dapatkan selama mengarungi pasar modal indonesia. Dan setelah sekian lama, sempat terpikir apa yang akan saya lakukan jika seandainya memulai investasi saham dari awal lagi?


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis & Editor: Team Stockbit Research

Copyright 2024 Stockbit, all rights reserved. 

Disclaimer: 

Informasi ini dimiliki oleh PT Stockbit Sekuritas Digital (β€œStockbit”), Perusahaan efek yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/ menjual saham tertentu. Always do your own research

Selanjutnya, Semua keputusan investasi nasabah mengandung risiko dan adanya kemungkinan kerugian atas investasi tersebut. Seluruh risiko investasi bukan merupakan tanggung jawab Stockbit melainkan menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah. Nasabah setuju untuk membebaskan Stockbit dari segala gugatan hukum jika terjadi kerugian Nasabah yang disebabkan karena risiko investasi tersebut.

Domain resmi Stockbit adalah β€œhttps://stockbit.com/” dan semua informasi yang dikirimkan oleh kami akan menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit dan/atau alamat email yang diakhiri β€œ@Stockbit.com” Semua pemberian Informasi Rahasia kepada pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit namun tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit merupakan tanggung jawab pribadi pihak pemilik Informasi Rahasia dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap penyalahgunaan Informasi Rahasia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit yang tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit.