šŸ“”  EMTK Berencana Akuisisi 41,15% CASS Senilai Rp704,1 M / by Stockbit Snips

27 Maret 2024

Daily Market Performance šŸš€

IHSG

7.365

-0,16%

Coal

128,9

+0,98%

Crude Oil

81,8

-0,12%

Gold

2.190

+0,88%

CPO

4.338

+0,32%

Nickel

16.720

-1,90%

šŸ‘‹ Stockbitor!

Elang Mahkota Teknologi ($EMTK) melalui anak usahanya, PT Roket Cipta Sentosa (RCS), tengah melakukan proses negosiasi untuk mengakuisisi 858,71 juta (41,15%saham Cardig Aero Services ($CASS) dengan nilai 704,1 miliar rupiah. CASS sendiri merupakan sebuah emiten yang bergerak di bidang jasa penunjang transportasi udara, solusi makanan, dan jasa terkait lainnya.

Dari total saham yang akan diakuisisi RCS, sebanyak ~492,1 juta (23,58%) saham berasal dari kepemilikan PT Cardig Asset Management selaku pengendali CASS. Sementara itu, sebanyak ~366,6 juta (17,57%) saham sisanya akan dibeli dari PT Dinamika Raya Swarna.

Penyelesaian rencana transaksi ini masih akan menunggu pemenuhan persyaratan sebagaimana diatur dalam perjanjian. EMTK juga belum mengungkap kapan estimasi transaksi ini rampung. Setelah transaksi ini terwujud, EMTK melalui RCS akan menjadi pengendali CASS, sehingga akan melakukan tender offer wajib.

Dalam keterbukaan informasi terpisah, CASS menyebutkan bahwa RCS berencana membeli tambahan 10% saham di CASS, sehingga total kepemilikan RCS di CASS akan mencapai sekitar 51%. CASS mengatakan bahwa rencana transaksi ini dilakukan EMTK untuk diversifikasi sumber pendapatan.

Key Takeaway

Berdasarkan total nilai transaksi dan jumlah saham yang akan dibeli, maka rencana transaksi ini mengimplikasikan harga pembelian saham CASS di level 820 rupiah per lembar, yang merefleksikan valuasi P/E 8,2x dan P/BV 2,4x per FY23. Harga tersebut lebih rendah -24% dibandingkan harga di pasar reguler pada penutupan bursa hari Rabu (27/3), yang ditutup naik +13,7% ke level 1.080 rupiah per lembar.

Berdasarkan peraturan OJK, tender offer minimal akan dilaksanakan pada harga tertinggi di antara:

  • Harga rata-rata dari harga tertinggi perdagangan dalam 90 hari terakhir, atau

  • Harga pengambilalihan yang sudah dilakukan

Adapun harga rata-rata dari harga tertinggi saham CASS dalam 90 hari terakhir adalah 886 rupiah per lembar.


Saham terkait: $EMTK, $CASS


Berita Korporasi

šŸ›£ļø  JSMR Dikabarkan Divestasi Trans Jawa ke Induk META US$750 Juta

  • $JSMR: Sekretaris Perusahaan Jasa Marga, Lisye Octaviani, mengatakan bahwa pihaknya tengah menjalani proses diskusi dan finalisasi dengan calon mitra strategis terkait divestasi PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), pengelola tol Trans Jawa. Lisye menyebut aksi korporasi ini ditargetkan rampung pada 1H24. Sebelumnya, IDX Channel melaporkan bahwa induk usaha Nusantara Infrastructure ($META), Metro Pacific Tollways Corp (MPTC), berencana membeli 35% saham JTT dengan nilai 750 juta dolar AS.

     

  • $AMMNAmman Mineral International mencatatkan laba bersih sebesar 259 juta dolar AS (-76% YoY) pada 2023, setara 97% dari estimasi konsensus. Hasil ini ditekan oleh penurunan penjualan sebesar -28% YoY menjadi 2 miliar dolar AS. Rata-rata harga jual tembaga (+6% YoY) dan emas (+12% YoY) mengalami kenaikan, tetapi tidak mampu mengimbangi penurunan volume penjualan segmen tembaga (-33% YoY) dan emas (-35% YoY). Secara kuartalan, laba bersih pada 4Q23 naik signifikan menjadi 189,5 juta dolar AS (vs 3Q23: rugi 56 juta dolar AS), ditopang kenaikan penjualan sebesar +55% QoQ menjadi 883 juta dolar AS.

     

  • $PWONPakuwon Jati mencatatkan laba bersih sebesar 2,1 triliun rupiah (+36,8% YoY) pada 2023, setara 106,5% dari estimasi konsensus. Hasil ini ditopang oleh pos non-operasional seperti penghasilan bunga (+120% YoY) dan keuntungan selisih kurs, sementara pendapatan tumbuh +3,6% YoY dan laba usaha naik +2,2% YoY. Pada 4Q23laba bersih melonjak menjadi 618 miliar rupiah (+59,2% QoQ, +77,9% YoY), ditopang oleh keuntungan selisih kurs sebesar 33 miliar rupiah dan kenaikan penghasilan bunga (+64% QoQ, +117% YoY), sementara pendapatan sebesar 1,6 triliun rupiah (-2,5% QoQ, +9,3% YoY). Secara operasional, marketing sales selama 2023 mencapai 1,35 triliun rupiah (103,8% dari target 2023), dengan target marketing sales 2024 mencapai 1,5 triliun rupiah.

     

  • $TINS: Timah menargetkan produksi bijih timah sebesar 30.000 ton dalam Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB2024, lebih tinggi +15,4% dari target produksi 2023. Bersamaan dengan disetujuinya RKAB 2024, Kontan melaporkan bahwa TINS sudah kembali melakukan ekspor timah setelah sempat mengalami kendala ekspor akibat tersandung kasus.

     

  • $ENRG: Energi Mega Persada melalui anak usahanya, PT EMP Energi Gandewa dan PT EMP Energi Riau, mengumumkan telah menyelesaikan akuisisi 2 aset blok minyak yang telah berproduksi di Riau dari PT Pertamina Hulu Energi. Setelah transaksi ini, PT EMP Energi Gandewa memiliki 90% hak partisipasi dan operatorship di blok KKS Siak, sementara PT EMP Energi Riau memiliki 90% hak partisipasi operatorship di blok KKS Kampar.


Saham Top Gainer Hari Ini šŸ”„

$GTRA

+24,49%

$JSMR

+5,09%

$PTMP

+6,56%

$RAJA

+4,92%

Saham Top Loser Hari Ini šŸ¤•

$TPIA

-6,15%

$ASSA

-4,82%

$GOTO

-5,71%

$EXCL

-4,60%

Performa Sektor Hari Ini šŸ“Š


Berita Lainnya

šŸ”„ Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui...

  • Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto, memperkirakan bahwa efek Ramadan dan Lebaran terhadap pertumbuhan ekonomi pada tahun ini akan lebih terbatas seiring tergerusnya daya beli masyarakat akibat lonjakan harga pangan sejak akhir 2023. Dampaknya, Eko memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 1Q24 akan lebih rendah dibandingkan 1Q23.

  • Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa pemerintah berencana memperluas kebijakan harga gas bumi tertentu (HGBT) kepada 24 subsektor industri manufaktur. Meski demikian, masih belum diketahui subsektor manufaktur apa saja yang akan menerima kebijakan ini. Sebelumnya, HGBT sebesar 6 dolar AS per mmbtu hanya diterima oleh 7 sektor yang terdiri dari industri pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, dan sarung tangan karet.

  • Bloomberg melaporkan bahwa anak usaha Tsingshan Holding Group Co. di bidang bateraiRept Battero Energy Co. (HK: 0666), berencana membangun pabrik baterai di Weda Bay, Maluku Utara. Pabrik tersebut diperkirakan mulai beroperasi pada 2025 dan ditujukan untuk memenangkan persaingan dengan produsen baterai nikel lainnya.

  • Kementerian ESDM menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) untuk pertambangan timah dari 15 perusahaan, dengan total kapasitas produksi yang disetujui mencapai 46.444 ton untuk periode 2024ā€“2026Jumlah tersebut meningkat +4,41% dari RKAB 2023 di level 44.481,63 ton


Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

šŸ“ˆ  Apa yang Menggerakkan Harga Saham?

Photo by: Stockbit

 "Investasi tidak hanya tentang nilai saat ini, melainkan apakah pertumbuhannya sehat untuk terus berkembang di masa depan."ā€” mc889

Pertanyaan seputar apa yang menggerakkan harga saham selalu ramai diperbincangkan di forum investor. Ada yang berpendapat bahwa harga saham bergerak sesuai dengan kinerja perusahaan, ada juga yang berpendapat harga saham bergerak karena market maker. Lantas apa yang menyebabkan harga saham bergerak? Dalam tulisannya kali ini, mc889 memberikan pandangannya mengenai hal ini. Baca lengkapnya di sini!


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis & Editor: Team Stockbit Research

Copyright 2024 Stockbit, all rights reserved. 

Disclaimer: 

Informasi ini dimiliki oleh PT Stockbit Sekuritas Digital (ā€œStockbitā€), Perusahaan efek yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/ menjual saham tertentu. Always do your own research

Selanjutnya, Semua keputusan investasi nasabah mengandung risiko dan adanya kemungkinan kerugian atas investasi tersebut. Seluruh risiko investasi bukan merupakan tanggung jawab Stockbit melainkan menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah. Nasabah setuju untuk membebaskan Stockbit dari segala gugatan hukum jika terjadi kerugian Nasabah yang disebabkan karena risiko investasi tersebut.

Domain resmi Stockbit adalah ā€œhttps://stockbit.com/ā€ dan semua informasi yang dikirimkan oleh kami akan menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit dan/atau alamat email yang diakhiri ā€œ@Stockbit.comā€ Semua pemberian Informasi Rahasia kepada pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit namun tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit merupakan tanggung jawab pribadi pihak pemilik Informasi Rahasia dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap penyalahgunaan Informasi Rahasia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit yang tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit.