📜  Kompilasi Kinerja Emiten pada 2023, Part 2 / by Stockbit Snips

2 April 2024

Daily Market Performance 🚀

IHSG

7.236

+0,44%

Coal

132,0

+2,25%

Crude Oil

85,0

+1,38%

Gold

2.260

+0,43%

CPO

4.407

+0,25%

Nickel

16.568

+0,00%

👋 Stockbitor!

Setelah merangkum kinerja 2023 dari emiten-emiten yang pendapatannya bersumber dari domestik pada Snips kemarintim Stockbit juga merekap kompilasi kinerja 2023 dari perusahaan-perusahaan berbasis komoditas. Berikut rincian pendapatan, laba bersih, dan perbandingannya dengan estimasi konsensus:

Key Takeaway

Beberapa highlights dari rekap kinerja di atas:

  • Secara umum, kinerja emiten tergolong mixed berdasarkan realisasi laba bersih terhadap ekspektasi konsensus. Sektor CPO menjadi yang terlemah dengan banyaknya emiten yang mencatatkan kinerja laba bersih di bawah ekspektasi.

  • Mayoritas emiten mencatatkan penurunan kinerja pada 2023 imbas normalisasi harga komoditas, kecuali emiten nikel seperti $INCO dan $NCKL.

  • Emiten pendukung (supporting services) seperti $TPMA, $ELSA, $WINS dan $UNTR memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan produsen komoditas.


Berita Korporasi

🚜  HRUM Akuisisi Smelter HPAL US$206,2 Juta

  • $HRUMHarum Energy melalui anak usahanya, PT Tanito Harum Nickel Industry (THN), mengakuisisi 1,04 juta (51%saham PT Blue Sparkling Energy (BSE) senilai ~206,2 juta dolar AS melalui skema konversi atas sebagian pinjaman. Setelah transaksi ini, THN memiliki 51% saham BSE. BSE sendiri sedang membangun smelter HPAL dengan kapasitas produksi 67.000 ton nikel MHP dan 7.500 ton kobalt MHP per tahun di Weda Bay Industrial Park.

     

  • $ADMFAdira Dinamika Multi Finance akan membagikan dividen tahun buku 2023 sebesar 972 miliar rupiah atau 972 rupiah per saham. Cum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 5 April 2024, dengan pembayaran pada 2 Mei 2024. Mengacu harga saham ADMF pada penutupan bursa hari Selasa (2/4) di 14.150 rupiah per lembar, maka indikasi dividend yield adalah 6,8%.

     

  • $WIKA: Wijaya Karya berencana menggelar rights issue hingga 46,8 miliar saham baru dengan efek dilusi hingga 83,9%. Harga pelaksanaan rights issue sebesar 197 rupiah, lebih rendah -18% dibandingkan harga di pasar reguler per Selasa (2/4). Potensi dana maksimum dari aksi korporasi ini mencapai 9,2 triliun rupiah, dengan pemerintah akan melaksanakan seluruh haknya melalui penyertaan modal negara senilai 6 triliun rupiah. Sebanyak 93% dana yang diperoleh ditujukan untuk menyelesaikan 37 Proyek Strategis Nasional dan 4 proyek IKN, sementara sisanya untuk modal kerja proyek. Cum right di pasar reguler dan negosiasi pada 16 April 2024.

     

  • $ADHI: Direktur Utama Adhi Karya, Entus Asnawi Mukhson, mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan nilai kontrak baru sebesar 4,8 triliun rupiah (+14% YoYselama 2M24, setara 12,8% dari target 2024. Lini bisnis engineering dan konstruksi berkontribusi 95% dari nilai tersebut, sementara lini bisnis manufaktur dan lini bisnis lainnya masing-masing berkontribusi sebesar 3% dan 2%.


Saham Top Gainer Hari Ini 🔥

$TINS

+13,50%

$PNLF

+6,16%

$ESSA

+9,09%

$TPIA

+6,15%

Saham Top Loser Hari Ini 🤕

$PTMP

-6,08%

$BBRI

-4,22%

$SSMS

-5,91%

$MARK

-3,61%

Performa Sektor Hari Ini 📊


Berita Lainnya

🔥 Hal lain yang lagi hot yang perlu kamu ketahui...

  • Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS turun hampir -0,5% ke level 15.963 dalam perdagangan intraday pada Selasa (2/4), menandai level terendah sejak April 2020, sebelum akhirnya ditutup melemah -0,1% ke level 15.902. Bloomberg mencatat bahwa global funds telah menarik sekitar 1,7 miliar dolar AS dari pasar obligasi Indonesia pada 1Q24, menandai foreign outflow secara kuartalan yang terbesar sejak 3Q22.

  • BPS mencatat bahwa rata-rata harga beras di tingkat pedagang eceran melonjak ke level 15.517 rupiah per kg (+2,06% MoM, +20,07% YoYpada Maret 2024, menandai kenaikan harga tertinggi sejak 2011.

  • Aneka Tambang ($ANTMberencana melakukan penambahan kegiatan usaha ke bisnis pedagang fisik komoditi dan portal web dan/atau platform digital dengan tujuan komersial. Ekspansi bisnis ini bertujuan agar jasa dan layanan bisnis emas fisik digital perseroan dapat dicatatkan di bursa berjangka yang berada di bawah pengawasan Bappebti. Rencana ini akan dibahas dalam RUPST pada 8 Mei 2024.

  • Chandra Asia Pacific ($TPIAberencana melakukan penambahan kegiatan usaha ke bisnis pembuatan kemasan gulungan film (bag film roll). Ekspansi bisnis ini bertujuan untuk memproduksi heavy duty bag bagi industri petrokimia, oleokimia, serta makanan dan minuman. Rencana ini akan dibahas dalam RUPST pada 8 Mei 2024.

  • Pemilik Formula One, Liberty Media Corp. (Nasdaq: FWONK), mengumumkan akan mengakuisisi 86% saham Dorna Sports, S.L., pemegang hak siar komersial MotoGP, senilai ~4,2 miliar euro. Akuisisi ini diperkirakan akan selesai pada akhir 2024.


Kutipan menarik dari komunitas Stockbit minggu ini

✒️ Yang Harus Dilakukan Saat Market Koreksi

Photo by: Stockbit

“Saham yang fundamental bagus, valuasi murah, dividend yield besar, utang mini, dan likuid akan diapresiasi market di masa depan. Tinggal tunggu tanggal mainnya.”— skydrugz27

 Bagi investor yang baru masuk bursa dan bingung harus berbuat apa ketika IHSG merah menyala, kalian tidak perlu khawatir karena IHSG sudah sering seperti ini. Waktu Covid-19 justru lebih parah karena dalam sehari IHSG bisa terkoreksi di atas 5% hingga menyebabkan semua saham di IHSG terkena trading halt. Kunci agar tenang di kala IHSG Merah adalah pahami apa yang dibeli. Pelajari saham yang sudah dibeli, apa keunggulan dan kelemahannya. Baca tulisan lengkapnya di sini agar tidak panik saat market terkoreksi!


Subscribe Stockbit Snips di sini untuk dapat berita pasar saham terhangat setiap hari di email kamu.


Penulis & Editor: Team Stockbit Research

Copyright 2024 Stockbit, all rights reserved. 

Disclaimer: 

Informasi ini dimiliki oleh PT Stockbit Sekuritas Digital (“Stockbit”), Perusahaan efek yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/ menjual saham tertentu. Always do your own research

Selanjutnya, Semua keputusan investasi nasabah mengandung risiko dan adanya kemungkinan kerugian atas investasi tersebut. Seluruh risiko investasi bukan merupakan tanggung jawab Stockbit melainkan menjadi tanggung jawab masing-masing nasabah. Nasabah setuju untuk membebaskan Stockbit dari segala gugatan hukum jika terjadi kerugian Nasabah yang disebabkan karena risiko investasi tersebut.

Domain resmi Stockbit adalah “https://stockbit.com/” dan semua informasi yang dikirimkan oleh kami akan menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit dan/atau alamat email yang diakhiri “@Stockbit.com” Semua pemberian Informasi Rahasia kepada pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit namun tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit merupakan tanggung jawab pribadi pihak pemilik Informasi Rahasia dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap penyalahgunaan Informasi Rahasia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan Stockbit yang tidak berasal dari atau tidak menggunakan platform resmi aplikasi Stockbit.