Saham BSDE Bergerak di Bidang Apa? / by Merissa Chaca

Saham BSDE Bergerak di Bidang Apa

Saham BSDE adalah saham dari PT Bumi Serpong Damai Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan properti dan real estat. Perusahaan adalah pengembang dari BSD City, sebuah kota mandiri dengan fasilitas terlengkap dan maju yang terletak di Banten, Tangerang.  

Bagi kamu yang tertarik berinvestasi di saham ini, sebaiknya kenali dulu profil emiten BSDE dan bagaimana kinerjanya secara lengkap di artikel berikut. 

Profil PT Bumi Serpong Damai Tbk 

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) adalah pengembang properti terbesar dan paling terdiversifikasi di Indonesia. Perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 2008 dan merupakan bagian dari grup bisnis Sinar Mas Land, salah satu konglomerat properti terbesar di Indonesia.

BSDE telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di pengembangan kota mandiri, perumahan, komersial, ritel, kawasan industri, dan properti perhotelan, termasuk layanan terkait properti. Proyek andalannya, BSD City, adalah rancangan kota paling ambisius di Indonesia yang mengkombinasikan properti perumahan, bisnis, dan komersial.

Berbekal pengalaman lebih dari 35 tahun, BSDE telah memantapkan posisinya sebagai pengembang terunggul di regional dengan mengembangkan berbagai proyek dengan konsep unik dan kualitas terbaik. Perusahaan memiliki cadangan lahan strategis di berbagai kota utama di Indonesia, termasuk Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, Manado, Samarinda, dan Balikpapan.

Per kuartal III/2023, pemegang saham utama dan pengendali BSDE adalah PT Paraga Arta Mida 39,66% dan PT Ekacentra Usahamaju 25,63%. Setelah itu, ada direksi dan komisaris perusahaan sebesar 0,51%, saham treasury 1,22%, dan publik sebesar 32,93%.

Kinerja Saham dan Keuangan BSDE

Kinerja Keuangan BSDE - Graphic

Pergerakan saham BSDE dalam lima tahun terakhir terpantau fluktuatif. Mulanya, pada 2019 saham ini sempat ditransaksikan di kisaran Rp1.400-an per lembar, dengan puncak tertinggi dicapai pada intraday 21 Juni 2019 pada harga Rp1.580/saham.

Namun, setelah itu saham emiten Bumi Serpong Damai mulai menunjukkan tren penurunan. Hal ini lalu diperparah dengan pandemi Covid-19 yang memberikan sentimen negatif terhadap IHSG secara keseluruhan, termasuk membuat harga saham BSDE anjlok -63% ke level terendah dalam lima tahun di Rp585/saham pada 13 Mei 2020.

Terkini, saham BSDE ditransaksikan di level Rp1.025 per lembar berdasarkan penutupan perdagangan 26 Januari 2023. Harga tersebut naik +11,4% secara tahunan (year-on-year), tapi turun sebesar -29% jika dibandingkan dengan harga BSDE lima tahun lalu.

Kinerja Keuangan BSDE - Table

Adapun, secara kinerja keuangan, dalam tiga tahun terakhir PT Bumi Serpong Damai Tbk mampu menunjukkan pertumbuhan pendapatan dan laba yang stabil. Berdasarkan tabel di atas, selama periode 2019-2022 perseroan hanya sekali saja mengalami penurunan kinerja pendapatan dan laba bersih yaitu pada 2020 yang disebabkan oleh dampak pandemi Covid-19. 

Pada 2020, pendapatan BSDE turun -12,8% menjadi Rp6,2 triliun dari Rp7,1 triliun pada 2019. Sementara laba bersih perseroan anjlok sebesar -90% menjadi Rp281 miliar dibandingkan laba tahun 2019 yang sebesar Rp2,8 triliun. Untungnya, setelah itu kinerja perseroan berhasil pulih pada dua tahun berikutnya sebagaimana ditunjukkan oleh tabel di atas. 

Paling baru, berdasarkan laporan keuangan periode Januari - September 2023 (9M23), PT Bumi Serpong Damai Tbk membukukan pendapatan Rp7,3 triliun, naik sebesar 2,28% dari periode sama tahun lalu. Sementara, kinerja laba bersih mengalami kenaikan signifikan sebesar +92,64% YoY menjadi Rp1,77 triliun, dari sebelumnya hanya senilai Rp918 miliar pada sembilan bulan pertama 2022.

Aksi Korporasi BSDE

Sejak melantai di BEI pada 6 Juni 2008, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) tercatat sudah beberapa kali melakukan aksi korporasi khususnya pembagian dividen kepada pemegang saham.

Adapun, aksi korporasi BSDE yang terakhir adalah menebar dividen sebesar Rp96,23 miliar atau Rp5 per saham pada 6 juli 2017. Dividen tersebut berasal dari 5,36% laba bersih perseroan sepanjang tahun buku 2016 yang mencapai Rp1,8 triliun.

Setelah itu, Perseroan tidak lagi membagikan dividen kepada pemegang saham sampai sekarang. Alasannya karena perusahaan ingin memperkuat struktur modal dan sebagai modal kerja untuk mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan terutama untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen.

Beli Saham BSDE bisa di Stockbit

Demikian ulasan mengenai profil dan kinerja saham BSDE. Apabila kamu tertarik berinvestasi di saham BSDE, kamu dapat membelinya dengan mudah lewat aplikasi investasi saham Stockbit.

Apabila kamu sudah terdaftar di Stockbit, berikut tutorial cara membeli saham BSDE di aplikasi Stockbit:

Cara beli Saham BSDE
  • Buka aplikasi Stockbit

  • Top up RDN, pastikan nominalnya ada dan cukup untuk melakukan pembelian saham BSDE (minimal pembelian saham 1 lot = 100 lembar). Jika tidak, silahkan isi saldo RDN terlebih dulu.

  • Klik menu Search, cari saham BSDE atau PT Bumi Serpong Damai Tbk

  • Klik tombol Buy

  • Masukan harga pembelian dan jumlah lot saham yang ingin kamu beli

  • Klik Buy, lalu Confirm.

Selain bisa jual beli saham online, di Stockbit juga tersedia berbagai fitur yang dapat memudahkan kamu dalam investasi saham. Salah satunya adalah fitur Comparison. Lewat fitur ini, kamu bisa bandingkan kinerja keuangan emiten incaran kamu dengan emiten sejenis lainnya secara praktis sehingga dapat mempersingkat waktu kamu untuk analisa saham.

Fitur Comparison

Ayo daftar Stockbit dan cobain semua fiturnya gratis!

Disclaimer:

Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual saham tertentu.