Saham APLN Bergerak di Bidang Apa? / by Merissa Chaca

Saham APLN Bergerak di Bidang Apa

Saham APLN adalah saham dari PT Agung Podomoro Land Tbk, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan properti dengan portofolio yang terdiversifikasi, meliputi apartemen, hotel, perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan pusat rekreasi beserta fasilitasnya.

Bagi kamu yang tertarik berinvestasi di saham APLN, sebaiknya kenali dulu profil emiten Agung Podomoro Land dan bagaimana kinerjanya secara lengkap di artikel berikut. 

Profil PT Agung Podomoro Land Tbk 

PT Agung Podomoro Land Tbk adalah pengembang properti ternama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2004. Perseroan bergerak di bidang properti ritel, komersial, dan hunian.

APLN dikenal sebagai pelopor pengembangan superblok di Indonesia. Superblok adalah kawasan terpadu yang menggabungkan berbagai fasilitas, seperti apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, dan tempat rekreasi. Beberapa proyek superblok APLN yang terkenal adalah Podomoro City, Kuningan City, dan Green Bay Pluit.

Pada November 2010, Agung Podomoro Land resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia melalui proses IPO (initial public offering) dengan harga penawaran perdana sebesar Rp365/lembar.

Per kuartal III/2023, pemegang saham APLN terdiri dari PT Indofica 82,72%, Trihatma K Haliman (pemilik) 4,9%, PT Sarana Multiland Mandiri 0,85%, sejumlah direksi perseroan sebesar 0,002%, dan publik 11,4%. 

Kinerja Saham dan Keuangan APLN

Kinerja Keuangan APLN - Graphic

Dalam lima tahun terakhir, pergerakan saham APLN di pasar cukup volatil. Terpantau, pada intraday 26 September 2019 saham ini sempat menyentuh titik tertingginya di harga Rp284/saham. Namun, setelah itu harga APLN mengalami penurunan tajam ke level Rp75/saham pada 20 Maret 2020.

Penyebab penurunan harga saham APLN tersebut utamanya disebabkan oleh dua faktor, yaitu kinerja keuangan perseroan yang terus menurun dan adanya pandemi Covid-19 yang memicu aksi jual saham oleh investor secara besar-besaran di Bursa Efek Indonesia.

Terkini, harga saham APLN diperdagangkan di level Rp126/saham pada 22 Januari 2024. Harga tersebut turun -16% secara tahunan (year-on-year) dan -27% jika dibandingkan dengan harga APLN periode sama pada lima tahun lalu.

Kinerja Keuangan APLN - Table

Adapun, secara kinerja keuangan, pendapatan APLN tercatat mengalami kenaikan sebesar +31,7% (CAGR 3 tahun) selama periode tiga tahun terakhir, yaitu dari Rp3,8 triliun pada 2019 menjadi Rp8,6 triliun pada 2022.

Namun, patut diketahui, pendapatan perseroan pada 2022 tersebut sebagian besar berasal dari hasil penjualan 85% kepemilikan saham perseroan di Central Park Mall senilai Rp4,53 triliun kepada CPM Asset Indonesia.

Adanya penjualan aset tersebut berhasil mendongkrak kinerja bottom-line perseroan secara signifikan dari sebelumnya membukukan rugi bersih Rp650 miliar pada 2021 menjadi mencetak laba sebesar Rp1,9 triliun alias meningkat +406,7% YoY.

Aksi Korporasi APLN

Sejak melantai di BEI pada 11 November 2010, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) tercatat sudah beberapa kali melakukan aksi korporasi diantaranya adalah pembagian dividen kepada pemegang saham dan aksi penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau right issue

Paling baru, aksi korporasi APLN adalah melakukan right issue dengan menerbitkan sebanyak 3.986.821.526 lembar saham baru di harga pelaksanaan Rp240/saham untuk menghimpun dana segar sebesar Rp956,83 miliar.

Mengacu pada keterbukaan informasi, sebanyak Rp800 miliar dana hasil right issue akan digunakan untuk membayar kembali sebagian kewajiban perusahaan sesuai perjanjian fasilitas pinjaman pada 5 Juni 2018 dan perjanjian sindikasi pada 18 September 2018 senilai Rp1,30 triliun. 

Sedangkan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja untuk kebutuhan operasional Perseroan.

Aksi right issue ini telah selesai dilaksanakan perseroan pada periode 6 Maret 2020 (Cum Date) sampai dengan 18 Maret 2020 (Trading End). 

Beli Saham APLN bisa di Stockbit

Demikian ulasan mengenai profil dan kinerja saham APLN. Apabila kamu tertarik berinvestasi di saham APLN, kamu dapat membelinya dengan mudah lewat aplikasi investasi saham Stockbit.

Apabila kamu sudah terdaftar di Stockbit, berikut tutorial cara membeli saham APLN di aplikasi Stockbit:

Cara beli Saham APLN
  • Buka aplikasi Stockbit

  • Top up RDN, pastikan nominalnya ada dan cukup untuk melakukan pembelian saham APLN (minimal pembelian saham 1 lot = 100 lembar). Jika tidak, silahkan isi saldo RDN terlebih dulu.

  • Klik menu Search, cari saham APLN atau PT Agung Podomoro Land Tbk

  • Klik tombol Buy

  • Masukan harga pembelian dan jumlah lot saham yang ingin kamu beli

  • Klik Buy, lalu Confirm.

Selain bisa jual beli saham online, di Stockbit juga tersedia berbagai fitur yang dapat memudahkan kamu dalam investasi saham. Salah satunya adalah fitur Comparison. Lewat fitur ini, kamu bisa bandingkan kinerja keuangan emiten incaran kamu dengan emiten sejenis lainnya secara praktis sehingga dapat mempersingkat waktu kamu untuk analisa saham.

Fitur Comparison Aplikasi Saham Stockbit

Ayo daftar Stockbit dan cobain semua fiturnya gratis!

Disclaimer:

Semua konten dalam website ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual saham tertentu.