Bagaimana Cara Melihat Harga Saham? / by Merissa Chaca

Bagaimana Cara Melihat Harga Saham

Harga saham merupakan salah satu indikator penting bagi investor. Pasalnya, mengetahui harga saham terkini dapat membantu investor dalam mengambil keputusan jual beli saham. Lalu, bagaimana cara melihat harga saham? Simak berikut.

Apa itu Harga Saham?

Harga saham adalah nilai pasar dari suatu saham yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar. 

Harga saham terdiri dari dua komponen, yaitu harga beli (bid) dan harga jual (ask). Harga beli adalah harga tertinggi yang ditawarkan oleh pembeli saham, sedangkan harga jual adalah harga terendah yang ditawarkan oleh penjual saham. Selisih antara harga beli dan harga jual disebut sebagai spread.

Harga saham yang tertera di internet atau situs Bursa Efek Indonesia (idx.co.id) umumnya adalah harga penutupan (closing price), yaitu harga saham pada akhir sesi perdagangan. 

Harga saham juga bisa dilihat berdasarkan harga pembukaan (opening price), harga tertinggi (high price), dan harga terendah (low price).

Harga saham dapat berubah setiap saat, tergantung pada berbagai faktor, seperti:

  • Kinerja perusahaan: Kinerja keuangan perusahaan yang baik dapat mendorong naik harga sahamnya.

  • Kondisi ekonomi: Kondisi ekonomi makro yang stabil dapat meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong naik harga saham.

  • Berita dan peristiwa: Berita dan peristiwa yang terkait dengan perusahaan atau industri dapat mempengaruhi harga saham.

Cara Melihat Harga Saham Terkini

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat harga saham terkini, antara lain:

1. Website Bursa Efek Indonesia (BEI)

Website BEI (www.idx.co.id) menyediakan informasi lengkap tentang pasar saham, termasuk harga saham terkini. Kamu dapat mencari harga saham berdasarkan kode emiten, nama perusahaan, atau sektor industri.

Info harga saham terkini di situs IDX

2. Aplikasi Saham Online

Saat ini, banyak tersedia aplikasi saham online yang dapat kamu gunakan untuk melihat harga saham terkini. Salah satunya adalah aplikasi Stockbit dari PT Stockbit Sekuritas Digital yang sudah terdaftar dan berizin OJK.

Cek Harga saham di Aplikasi Stockbit

Info harga saham secara real-time di aplikasi Stockbit

3. Google

Kamu bisa mendapatkan info harga saham terkini di Google. Caranya cukup dengan menulis kata kunci “harga saham X” atau “harga saham Y” di kolom pencarian Google, dan nanti hasilnya akan muncul di bagian paling atas. Contoh seperti gambar berikut ini:

Cek Harga Saham di Google

Hasil pencarian google untuk kata kunci “harga saham itmg”

4. Media Massa

Media massa seperti koran, majalah, dan situs berita ekonomi biasanya juga memuat informasi tentang harga saham, meskipun tidak secara real-time. Adapun info harga saham yang diberikan biasanya adalah harga saham pada penutupan perdagangan di hari sebelumnya. 

Mulai Investasi Saham di Stockbit

Itu tadi penjelasan singkat tentang beberapa cara melihat harga saham terkini yang bisa kamu coba. Apabila kamu tertarik berinvestasi saham, kamu dapat mencoba menggunakan Stockbit.

Stockbit adalah platform investasi saham online yang dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap untuk memudahkan kamu untuk membeli dan menjual saham di pasar modal. Salah satu fitur yang disediakan Stockbit adalah Fitur Screener

fitur screener aplikasi saham stockbit

Lewat fitur ini, kamu bisa dengan cepat menemukan saham terbaik di BEI berdasarkan kriteria tertentu yang dapat kamu tentukan sendiri. Dengan aplikasi Stockbit kamu bisa menganalisa saham dengan lebih tajam. Selamat berinvestasi!