Daftar Saham 50 Rupiah tahun 2022 dan Cara Mudah Mencarinya / by Guest User

daftar saham 50 rupiah 2022

Salah satu bahasan yang menarik dalam dunia investasi saham adalah adanya saham 50 rupiah yang tersedia di BEI. Apakah kamu pernah mendengar tentang istilah ini sebelumnya? 

Seperti namanya, saham gocap adalah saham dengan harga Rp 50 / lembar. Perlu diketahui bahwa Rp 50 sendiri merupakan batas bawah harga saham yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia untuk papan pengembangan dan utama.

Jika kamu sedang mencari daftar saham 50 rupiah tahun 2022, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Ulasan ini juga membahas cara tercepat mencari saham gocap dengan fitur screener saham Stockbit.

Sekilas Tentang Saham Gocap 

Sesuai dengan apa yang dibahas sebelumnya, saham gocap adalah saham yang diperdagangkan dengan nilai Rp 50 atau nilai yang paling rendah dari harga transaksi saham yang diperbolehkan.

Menurut Peraturan Pencatatan Kep-00059/BEI/07-2019, harga saham pada saat pencatatan perdana (IPO) paling sedikit Rp 50 per saham.

Namun, untuk saham di papan akselerasi, sahamnya dapat diperdagangkan dengan harga di bawah Rp 50 dengan batasan harga terendah dapat mencapai Rp 1 per saham. Misalnya sampai artikel ini diterbitkan, saham PLAN diperdagangkan di harga Rp 36 / saham dan FIMP di Rp 46 / saham.

Saham yang telah mencapai batas bawah ini menjadi saham yang tidak likuid untuk menjadi objek transaksi. Hal ini dikarenakan ketika melihat nilai saham tersebut, banyak investor yang enggan membelinya. 

Harga yang semakin jatuh juga disinyalir menjadi gambaran bahwa perusahaan penyedia saham tersebut memiliki kinerja yang buruk.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Saham Gocap

Meskipun banyak kalangan mengatakan bahwa saham gocap tidak ada nilainya, namun beberapa kalangan investor lainnya menganggap bahwa saham ini tetap memiliki value. Hal ini didasarkan adanya beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika membeli saham gocap.

Adapun beberapa keuntungan yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Tidak ada kekhawatiran nilai saham akan turun

Salah satu keuntungan membeli saham gocap adalah tidak adanya rasa khawatir tentang penurunan nilai saham.

Pasalnya, nilai saham gocap sudah tidak mungkin lagi turun (yang berada di papan utama dan pengembangan). Tentu, risiko tentang kerugian karena diakibatkan menurunnya nilai saham tidak akan dirasakan.

2. Potensi kenaikan tanpa batas

Alasan lain kenapa saham gocap tetap memiliki nilai dan bisa dijadikan alternatif investasi adalah adanya potensi kenaikan yang tanpa batas. Dalam banyak kasus, tidak sedikit saham dengan nilai Rp 50 memberikan gain dalam jumlah yang lumayan besar dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun.

Dengan adanya potensi kenaikan ini, sebenarnya ada gambaran keuntungan yang akan didapatkan. Hanya saja, tugas kamu adalah melakukan analisis yang mendalam untuk menentukan mana saham gocap yang tepat dan memiliki potensi kenaikan yang stabil.

Risiko Membeli Saham Gocap

Beberapa hal di atas adalah ragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mencoba membeli saham gocap. Namun, di balik keuntungannya, tentu ada risiko yang tetap membayangi.

Salah satu kerugian membeli saham gocap adalah tidak adanya kepastian bangkit dari saham tersebut. Seperti yang dibahas di awal, saham gocap dianggap sebagai saham dengan fundamental yang buruk.

Hal inilah yang membuatnya tidak mendapatkan kepercayaan dari pelaku pasar. Oleh karenanya, bisa jadi, saham tersebut akan sangat susah untuk bangkit.

Dengan potensi kerugian di atas, analisis menjadi kunci utama yang harus dilakukan. Hanya dengan analisis mendalam saja keputusan membeli saham gocap bisa dilakukan. 

Tips Mencari Saham Gocap

Meskipun di satu sisi memiliki potensi keuntungan yang menarik, namun di sisi yang lain ada potensi kerugian yang bisa diderita ketika memilih saham gocap. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui tips untuk memilih saham gocap tersebut.

Ketika hendak memilih saham gocap, pastikan jika kamu memilih saham yang dikelola oleh manajemen yang sehat. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada potensi harga yang bangkit.

Selain itu, kamu juga perlu mempelajari laporan keuangan perusahaan secara mendalam. Terlebih, berusahalah untuk mencermati rasio PER, PBV dan juga DER sebelum memutuskan membeli saham murah tersebut.

Mencari Saham 50 Rupiah Dengan Fitur Screener Stockbit

Untuk kamu yang ingin mencari saham gocap dengan mudah, kini sudah ada fitur screener Stockbit. 

Stockbit merupakan aplikasi trading saham terbaik milik PT Stockbit Sekuritas Digital yang legal dan terdaftar di OJK.

Buka rekening saham di Stockbit 100% online, tanpa dokumen fisik dan tanpa minimum deposit. Selain Fitur Screener tersedia berbagai fitur canggih dan pro lainnya.

Fitur Screener merupakan tools untuk memudahkan kamu mencari saham dengan berbagai kriteria khusus sesuai preset yang kamu inginkan. Salah satunya, untuk mencari daftar saham 50 rupiah 2022.

Lantas, bagaimana cara untuk mencari saham gocap dengan fitur ini? Tentu, caranya sangat mudah! 

Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana, yaitu :

1. Buka aplikasi Stockbit, pilih menu Search, pilih Screener

2. Pilih create screener. Masukkan nama screener, lalu tambah rules. Pilih basic ratio.

cara mencari saham 50 rupiah

3. Pilih ratio, cari dan pilih price. Pilih kriteria “=”, lalu masukkan angka 50. Klik lanjutkan.

screening saham gocap

4. Screener telah selesai dibuat (kiri), lalu klik screen. Daftar saham gocap akan ditampilkan (kanan).

daftar saham 50 rupiah 2022

Daftar Saham 50 Rupiah Tahun 2022

Sekadar informasi, ada cukup banyak daftar saham 50 rupiah yang tersedia. Daftar emiten dibawah ini bukan merupakan rekomendasi pembelian.

Sampai artikel ini diterbitkan, berikut ini beberapa daftar saham 50 rupiah 2022 :

  1. PT. Anugerah Kagum Karya Utama Tbk - AKKU 

  2. PT. Andira Agro Tbk - ANDI

  3. PT. Arkha Jayanti Persada Tbk - ARKA

  4. PT. Armidian Karyatama Tbk - ARMY

  5. PT. Ratu Prabu Energi Tbk - ARTI

  6. PT. Bhakti Agung Propertindo Tbk - BAPI

  7. PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk - BAUT

  8. PT. Pelayaran Nasional Bina Buana Raya Tbk - BBRM

  9. PT. Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk - BBSS

  10. PT. Estika Tata Tiara Tbk - BEEF

  11. PT. Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk - BEKS

  12. PT. Sentul City Tbk - BKSL

  13. PT. Berlian Laju Tanker Tbk - BLTA

  14. PT. Bakrie & Brothers Tbk - BNBR

  15. PT. Bumi Teknokultura Unggul Tbk - BTEK

  16. PT. Bakrie Telecom Tbk - BTEL

  17. PT. Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk - CARS

  18. PT. Exploitasi Energi Indonesia Tbk - CNKO

  19. PT. Cowell Development Tbk - COWL

  20. PT. Capri Nusa Satu Properti Tbk - CPRI

Demikian beberapa ulasan tentang saham gocap yang perlu kamu ketahui. Download sekarang juga dan manfaatkan fitur screener Stockbit untuk menemukan pilihan saham Rp 50 yang tepat!