Rish Habit

Kebiasaan Sehari-hari Orang Kaya, Nomor 7 Jarang Dilakukan Orang Indonesia by Dedi Utomo

Pict by: The Business Journals

Pict by: The Business Journals

Ingin meniru kebiasaan yang dilakukan orang kaya? Cek penjelasannya di bawah ini.

1 .Mereka Mempertahankan Ketenangan Diri

Jika kamu ingin tahu cara menjadi kaya, mulailah dengan belajar mengendalikan emosi.

Certified financial planner dan CPA Tom Corley, yang mewawancarai 233 orang kaya dan 128 orang miskin dari Maret 2004 hingga Maret 2007 dalam bukunya yang berjudul “Rich Habits, mempertahankan ketenangan seseorang adalah apa yang dilakukan orang kaya.


cool.jpg

“When you allow your emotions to run high, you are literally turning off half of your brain, The prefrontal cortex shuts down when your emotions, good or bad, are allowed to run wild.”

-Corley di blog Rich Habits pada November 2016-


Menurut Stuff and Benson. 1987, Prefrontal Cortex pada manusia mengelola, mengintergrasikan, memformulasikan, memilih, memonitor, memodifikasi, dan menilai semua kegiatan sistem saraf yang ada.

Prefrontal cortex berfungsi memberi informasi dari semua indera, dan menggabungkan informasi tersebut sehingga berguna untuk membentuk penilaian.

Ini akan jadi buruk ketika kamu memperoleh pengalaman kalah atau kemunduran dan kamu terlalu emosi karena hal itu, Mengapa? karena saat itulah otak kamu bekerja keras untuk membantu kamu mengatasi dan mencegah kekalahan tersebut terulang.

2 .Mereka Merancang Goal Mereka dengan Baik

goal.jpeg

“Focusing on goals makes the difference between survival and success.“

-Idan Shpizear-

Mencari tahu bagaimana menjadi kaya tidak terlepas dari merancang goal hidup kamu dan berpegang teguh pada itu.

“All successful people have a goal. No one can get anywhere unless he knows where he wants to go and what he wants to be or do.”

-Norman Vincent Peale-

3 .Mereka Mengatur Jadwal Harian dengan Baik

to do list.jpg

Dalam bukunya "Rich Habits" Corley juga menemukan temuan lain, membuat daftar pekerjaan harian adalah salah satu kebiasaan utama orang kaya. Fakta penelitiannya menunjukkan bahwa 81 persen orang kaya memiliki daftar hal yang harus dilakukan versus 19 persen orang miskin.

"Orang-orang sukses berorientasi pada tujuan. Mereka menciptakan tujuan sepanjang waktu. Sasaran harian diwakili dalam daftar tugas harian mereka."

-Corley-

Jika kamu ingin mulai melakukan hal-hal yang dilakukan orang kaya, “susun daftar tujuan. Tuliskan daftar target harian hanya hal-hal yang realistis, setidaknya berpeluang 80 persen untuk diselesaikan hari itu" lanjut Corley.

“Prioritaskan daftar ini dan tentukan waktu tertentu untuk mengatasinya. Ketika hari berlalu, evaluasi daftar tugas. Ini akan memaksa kamu untuk lebih akuntabel." tulis Corley.

4 .Mereka Jarang Menonton TV

dont Watch TV.jpg

Kebanyakan orang kaya tidak banyak menonton TV, menurut temuan Corley, yang ia ungkapkan di situs website Rich Habits miliknya.

Menurutnya, 67 persen orang kaya menonton kurang dari satu jam televisi per hari, dibandingkan 77 persen orang miskin yang menghabiskan lebih dari satu jam di depan TV setiap hari. Temuannya juga mengungkapkan bahwa hanya 9 persen dari orang kaya yang menonton reality shows, dibandingkan dengan orang miskin yang mencapai 78 persen.

Jelas, jika kamu ingin dapat menjawab pertanyaan "Bagaimana rasanya menjadi kaya?" Kamu perlu membatasi waktu televisi harian kamu dan mengevaluasi daftar tontonan yang kamu lihat.

5 .Mereka Memperluas Relasi/Network

networking.jpg

Network adalah salah satu rahasia jutawan teratas untuk sukses. Corley mengungkapkan 79 persen orang kaya memiliki waktu untuk memperkuat relasi (networking) setidaknya lima jam per bulan, dibandingkan dengan hanya 16 persen orang miskin.

Untuk memperluas jaringan profesional, kamu bisa mulai dengan menghubungi teman kuliah atau profesor lama kamu di perguruan tinggi, terhubung dengan rekan kerja di pekerjaan saat ini, dan bahkan tanyakan kepada teman dan anggota keluarga kamu apakah mereka dapat memperkenalkan kamu kepada orang-orang yang mungkin menjadi kontak yang berharga.

Karena kebanyakan orang kaya berjejaring secara teratur, langkah ini sangat penting. Jika kamu terhubung dengan orang yang tepat, kamu akan dapat mempelajari cara orang kaya berpikir.

6 .Mereka Mendidik Diri Sendiri

teach.jpg

Mengetahui bagaimana menjadi seorang jutawan bukanlah hal bawaan, bahkan bagi kebanyakan orang kaya. Para jutawan belajar secara mandiri bagaimana menjadi kaya dari nol dan terus merangsang pikiran mereka.

Baik mereka mendengarkan podcast, membaca buku bisnis, mengikuti pelatihan. Orang kaya memiliki pengetahuan yang tinggi, menurut Corley. Jika kamu siap bergabung dengan jajaran orang kaya, jadikan pembelajaran sebagai prioritas di waktu luang.

7 .Mereka Berinvestasi

invest.jpg

Berinvestasi masih terdengar asing bagi telinga kebanyakan orang Indonesia. Apalagi “Investasi Saham” lebih asing lagi. Data terbaru yang berhasil Stockbit himpun menunjukkan hanya ada 1,6 Juta masyarakat Indonesia yang sudah memiliki SID (Single Investor Identification) per Desember 2018. Dari total tersebut investor saham baru mencapai 851.662 SID atau baru 0,33 persen dari 260 juta penduduk Indonesia.

Padahal saham adalah instrumen investasi yang kebanyakan orang kaya beli, karena mereka memahami pentingnya mendapatkan pengembalian investasi mereka.

Portofolio kamu mungkin tidak bisa meniru orang terkaya di dunia, tetapi membuat ruang ekstra dalam anggaran untuk berinvestasi hari ini, dapat membuat perbedaan besar dalam kekayaan bersih kamu suatu hari nanti.

8 .Tahu Kapan Harus Berhenti Bekerja

santai.jpg

Dalam sebuah artikel di Inc.com, pengusaha dan penulis Murray Newlands, menulis bahwa salah satu kebiasaan kaya adalah mengetahui kapan harus berhenti bekerja.

“Seringkali, sebagai pemilik bisnis, saya akan jatuh ke dalam perangkap kebiasaan bekerja lama sampai malam, berpikir bahwa akan lebih banyak pekerjaan yang terselesaikan. Dan ironi dari hal itu adalah saya jarang melakukannya, ”tulisnya.

"Berhentilah bekerja pada jam 5:00 atau 6:00 malam, dan jangan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan yang meliputi memeriksa telepon atau email kamu sampai hari berikutnya." lanjut Murray Newlands.

Recharging pikiran dan tubuh adalah salah satu kebiasaan orang kaya, tetapi itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, cukup dengan istirahat yang cukup.

9 .Mereka Menerapkan Pola Makan Sehat

healthy.jpg

Ketika bertanya-tanya "Apa yang dimakan orang kaya?" Kamu mungkin berasumsi bahwa mereka kebanyakan mengkonsumsi steak dan anggur merah yang mahal, tetapi itu belum tentu demikian.

Makan sehat adalah kebiasaan banyak jutawan, termasuk Tony Robbins. Pengusaha, penulis terlaris, dermawan dan ahli strategi bisnis, Dia menerapkan pola hidup tanpa kafein, alkohol, nikotin dan obat-obatan, menurut Business Insider.

Mengutip dari Business Insider pada Oktober 2017, berbicara dengan pelatih pribadi Robbins, Billy Beck III tentang diet yang dibuat Beck untuk kliennya. Beck mengungkapkan Robbins makan telur dan roti kelapa untuk sarapan, salad hijau besar dengan alpukat untuk makan siang dan protein organik bersih dengan kentang dan sayuran untuk makan malam.