8 Tips Memilih Sekuritas (Broker Saham) Terbaik / by Hilmawan Kusumajaya

                                                   Credits: https://www.pexels.com/

                                                 Credits: https://www.pexels.com/

Post ini adalah guest post dari tim @BigAlphaID

Salah satu pertanyaan yang paling sering tim BigAlpha dapatkan adalah bagaimana memilih perusahaan sekuritas terbaik. Banyak investor pasar saham pemula berpikir bahwa proses pembelian saham masih seperti di film-film, di mana prosesnya masih sangat manual dan membingungkan.

Padahal pada kenyataannya, membuka akun di broker saham sudah sangat mudah dan profesional. Memilih broker jaman sekarang, sama halnya seperti memilih bank untuk menyimpan uang, alternatifnya ada banyak dan menawarkan jasa yang sejenis.

Namun begitu, tim BigAlpha telah merangkum hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih broker (perusahaan sekuritas) dalam membuka rekening saham.

1. Pastikan berijin dan legal.

Ini adalah persyaratan pertama yang harus dipenuhi. Untuk menghindari kita berinvestasi melalui broker abal-abal, persyaratan legalitas haruslah dipenuhi. Ijin dari BEI atau Bappepam-LK harus sudah didapat.

Di website resmi IDX, telah terdapat daftar perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI dan sudah memiliki ijin resmi untuk beroperasi.

Jadi tidak bakalan ada istilah ‘ditipu broker’ seperti banyak yang orang awam takutkan.

Nabung Saham Online

2. Komisi (fee transaksi) setiap transaksi saham

Yang membedakan antara satu broker dengan broker yang lain adalah fee transaksi. Sebagai salah satu sumber penerimaan mereka, perusahaan sekuritas akan mengenakan fee transaksi kepada setiap transaksi jual dan transaksi beli yang kita lakukan.

Rata-rata, fee transaksi untuk pembelian saham berkisar antara 0.1% hingga 0.3%. Dan fee transaksi jual antara 0.2% hingga 0.4%. Semakin kecil fee transaksi, tentu akan semakin menguntungkan investor.

3. Bunga

Ini juga menjadi salah satu pertimbangan bagi investor yang ingin melakukan margin trading. Perusahaan sekuritas biasanya akan mengenakan bunga terhadap jumlah uang yang dipinjam dari perusahaan sekuritas. Dan besaran bunga antar perusahaan sekuritas bisa berbeda-beda, maka pilihlah sekuritas yang menawarkan bunga terendah.

4. Riset

Fitur yang tidak kalah penting dari sebuah perusahaan adalah riset yang mereka keluarkan. Sebelum membuka rekening saham, pastikan bahwa broker anda rutin menerbitkan riset mengenai pasar saham Indonesia. Riset ini bisa membantu anda untuk memilih saham hingga sekadar mengetahui perkembangan pasar pada saat ini.

5. Fasilitas

Pastikan juga apakah anda mendapatkan fasilitas lain diluar rekening anda. Sebagai contoh, apakah perusahaan sekuritas ini rutin mengadakan gathering atau kelas investasi untuk para nasabahnya? Hal-hal seperti itu tentu saja menambah kenyamanan anda dalam memilih broker.

6. Customer service

Tentu saja dalam bertransaksi kita tidak ingin terjadi hal-hal diluar keinginan, tapi bila itu terjadi, pastikan anda memilih customer service yang responsif untuk membantu menyelesaikan masalah anda.

Apakah deposit yang anda lakukan belum masuk? Customer service yang cekatan akan sangat membantu dalam situasi-situasi seperti itu.

7. Kemudahan bertransaksi

Transaksi saham jaman sekarang sudah bisa melalui applikasi yang saat ini marak dikenal dengan istilah online trading. Pastikan kalau perusahaan sekuritas anda sudah mendukung hal ini. Dengan adanya fitur online trading system seperti ini, proses jual-beli saham bisa dilakukan langsung di gadget anda tanpa harus menelpon broker anda seperti film jaman dulu.

8. Apps & Support

Jika sekuritas anda sudah mendukung online trading, maka hal yang tidak kalah penting adalah applikasi yang digunakan. Karena kami dari BigAlpha pernah menemukan applikasi yang tidak user friendly alias susah digunakan.

Layout yang jelek, saldo yang tidak terlihat, pemilihan font hingga warna yang mencolok mata pasti mengurangi kenyamanan anda. Beberapa pertanyaan lain menyangkut aplikasi yang harus bisa dijawab adalah:

Apakah aplikasi tersedia dalam semua platform? Windows, Android, OS?

Apakah user interface (UI) dari aplikasi tersebut sudah nyaman digunakan?

Apakah aplikasi ini rutin di-update untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan bertransaksi?

***

Jadi begitulah, delapan tips dalam memilih perusahaan sekuritas versi BigAlpha. Jadi, kalian udah punya akun sekuritas belum?

---

Big Alpha Indonesia adalah research firm yang mengkhususkan diri untuk menemukan saham-saham undervalue di bursa, sekaligus praktisi edukasi pasar saham untuk investor pemula.

Web: bigalpha.id

Channel Telegram: t.me/bigalphaid

Kamu bisa berinteraksi dengan tim @BigAlphaID di Stockbit.

Investasi saham stockbit

Promo #Merdeka Finansial

Di bulan Agustus, Stockbit memberikan promo #MerdekaFinansial untuk pembukaan rekening saham Sinarmas Sekuritas. Dengan minimal deposit Rp 1.7 Juta kamu bisa dapat Stockbit PRO GRATIS Seumur Hidup!!!

Cara Buka Rekening Saham dan Klaim Stockbit PRO: 

1. Klik Tombol Buka Rekening Saham

2. Isi Form Registrasi dan Ikuti Petunjuk Pengiriman Dokumen 

3. Kirim ke Sinarmas Sekuritas

Kantor Pusat Sinarmas
Sinarmas Land Plaza Menara 3, Lantai. 5, Jl. M.H. Thamrin No. 51 Jakarta 10350

4. Deposit ke RDN kamu minimal 1,7 Juta

Masih bingung? Tanya cara buka rekening saham ke  087777 66 5000 (WA Only)