5 Tips Cerdas Investasi Saham Untuk Investor Pemula / by Hilmawan Kusumajaya

Investasi saham itu mudah-mudah susah, sebagai investor pemula kamu perlu banyak membaca dan belajar agar investasi saham kamu memberikan hasil yang memuaskan.

 Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan dalam berinvestasi saham:

1. Mulai kecil-kecilan

Sama seperti belajar berenang, kamu ga langsung nyemplung ke kolam yang dalam kan? Investasi saham juga mulai dari kecil dulu, semakin kamu belajar dan semakin kamu yakin dengan strategi dan perusahaan yang kamu investasikan, kamu mulai meningkatkan jumlah uang yang kamu investasikan. Ga perlu besar-besar, cukup mulai dari 100 ribu rupiah aja setiap bulan.

2. Rutin membeli saham

Meskipun jumlahnya kecil, tapi kamu harus rutin dalam membeli saham, istilah kerennya nabung saham. Tahun pertama setiap bulan 100 ribu rupiah, lalu tahun berikutnya naik menjadi 200 ribu rupiah dan seterusnya. Selain dengan rutin membeli saham setiap bulan, kamu juga bisa menerapkan prinsip Dollar Cost Averaging.

Baca: Metode Sederhana Berinvestasi dengan Nabung Saham

3. Manfaatkan "The Power of Compounding"

Percaya ga hanya dengan investasi 500 ribu rupiah per bulan dan imbal hasil 15% per tahun kamu bisa punya 3.5 Milyar rupiah dalam 30 tahun? Padahal total uang yang kamu investasikan cuma 180 juta. Itulah kekuatan Compound Interest.

4. Beli saham perusahaan yang kamu tahu

Ga perlu pusing mencari perusahaan yang bagus untuk kamu berinvestasi, cukup cari perusahaan yang produknya kamu tau lalu kamu yakin produk perusahaan ini tetap akan digunakan sampai 10 atau 30 tahun lagi. Lalu kamu secara reguler review kondisi keuangannya setiap 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun. Setelah kamu yakin ini perusahaan yang bagus, kamu rutin deh membeli saham perusahaan ini setiap bulannya.

5. Belajar saham dulu di virtual account

Masih ragu-ragu? Kamu bisa coba mulai investasi dengan virtual account. Salah satunya kamu bisa belajar di Virtual Trading Stockbit. Bedanya dengan investasi saham sungguhan, Virtual Trading Stockbit menggunakan uang virtual. Kamu akan diberikan modal virtual sebesar Rp 100 juta untuk kamu investasikan di saham pilihan kamu. 

Pengen cobain Virtual Trading Stockbit? Kamu bisa baca Panduan Virtual Trading Stockbit

Yuk gabung Stockbit sekarang untuk mulai perjalanan investasi kamu. #MulaiDariStockbit

tenor (13).gif