Apakah Berinvestasi di Saham "Cash Rich Company" adalah Ide Bagus? / by Dedi Utomo

Cash Rich Company (Perusahaan dengan cadangan kas dalam jumlah besar), apakah bagus buat investasi?

sitel.com.mk

sitel.com.mk

Mengelola kas (uang tunai) dan mengidentifikasi saldo kas yang optimal adalah pekerjaan penting bagi sebagian besar manajer. Manajemen kas yang buruk dapat berdampak negatif terhadap kinerja perusahaan. Di sisi lain, memiliki terlalu banyak uang tunai juga dapat memengaruhi bisnis.

Tapi, persepsi umum di benak para investor adalah berinvestasi di perusahaan-perusahaan cash rich company adalah hal yang bagus. Benarkah?

Mari kita pahami apa itu “Cash Rich Company” dan apakah ide yang bagus untuk berinvestasi di perusahaan tersebut?

Apa itu Cash Rich Company

Cash Rich Company adalah perusahaan yang memiliki cadangan kas dalam jumlah besar. Secara umum, kas dan setara kas adalah indikator penting dari kesehatan keuangan dan kesejahteraan perusahaan. Cadangan kas yang tinggi menandakan bahwa perusahaan memiliki kas dan setara kas melebihi modal kerja (working capital). Perusahaan biasanya menyimpan beberapa kelebihan uang tunai untuk kebutuhan di masa depan atau untuk menghadapi risiko yang merugikan. Uang tunai memberikan keleluasaan bagi perusahaan jika dihadapkan kepada tantangan dan peluang yang dihadapi bisnisnya.

Secara umum perusahaan yang terlibat dalam kegiatan berikut adalah Cash Rich Company:

  1. Distribusi Dividen secara reguler.

  2. Penerbitan saham bonus.

  3. Buyback saham.

  4. Berpartisipasi dalam mengakuisisi bisnis lain.

Keempat kegiatan di atas ini membutuhkan jumlah uang tunai yang sangat besar, sehingga secara teknis perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan di atas adalah perusahaan yang memiliki cadangan kas yang tinggi.

Oleh karena itu, banyak investor lebih suka berinvestasi di perusahaan dengan tumpukan uang tunai yang besar dan tumbuh di laporan neraca perusahaan. Filosofi investasi ini secara teoritis luar biasa, tetapi tidak selalu merupakan gagasan terbaik. mengapa? karena kamu harus mengetahui juga bagaimana perusahaan mendapatkan kas tersebut.

Sumber Kas Perusahaan

Sebagai investor, kamu harus tahu alasan mengapa perusahaan memiliki uang kas yang tinggi. Ada berbagai cara di mana perusahaan dapat meningkatkan nilai kas. Salah satu cara sederhana adalah dengan berhutang. Meningkatkan saldo kas dengan mengambil utang menciptakan kewajiban bunga utang. Cara lain untuk meningkatkan uang tunai adalah melalui penjualan aset. Kegiatan ini akan meningkatkan saldo kas di neraca perusahaan.

Untuk mengetahui sumber uang tunai, investor harus melihat laporan arus kas dan bukan di neraca. Dalam laporan arus kas, jika kas dari operasi (Operating Cash Flow) positif secara konsisten selama periode waktu tertentu, itu adalah sinyal yang baik.

Manfaat Cadangan Kas yang Tinggi Bagi Perusahaan

Umumnya, perusahaan dengan cadangan kas yang besar memiliki peluang untuk tumbuh di masa depan. Perusahaan dapat menggunakan uang tersebut untuk ekspansi bisnis yang menguntungkan, alih-alih berhutang atau menerbitkan saham baru yang meningkatkan biaya bunga atau dilusi kepemilikan.

Pertumbuhan itu bisa terdiri dari 2 jenis:

  1. Organik

  2. Anorganik

Pertumbuhan organik berarti menumbuhkan perusahaan yang ada dengan menambahkan lebih banyak pabrik, tenaga kerja, bahan baku dll, yang akhirnya meningkatkan penjualan dan laba.

Pertumbuhan anorganik berarti menumbuhkan perusahaan dengan mengakuisisi perusahaan lain. Seringkali, kelebihan uang tunai dapat diinvestasikan dalam bisnis di mana perusahaan tidak memiliki kompetensi inti, ini dinamakan ekspansi anorganik.

Jelas bagi para investor berasumsi bahwa Cash Rich Company adalah investasi yang bagus, terutama ketika kebangkitan ekonomi sedang berlangsung, karena perusahaan dengan cadangan kas tinggi cenderung menjadi perusahaan yang berinvestasi dan tumbuh agresif. Itulah sebabnya mengapa Cash Rich Company memiliki peluang besar untuk tumbuh di masa-masa tertentu dan Warren Buffett, investor yang paling sukses selalu mencari perusahaan dengan cadangan kas yang tinggi. Namun, sangat penting juga untuk mengetahui keterampilan alokasi modal dari manajemen perusahaan sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi, karena kita tahu bahwa manajemen adalah orang yang menentukan kebijakan penggunaan kas perusahaan.

Baca juga: 7 Karakteristik CEO Perusahaan yang Investor Friendly

Kesimpulan dari artikel ini adalah perusahaan yang memiliki cadangan kas yang tinggi (Cash Rich Company) adalah hasil dari kesuksesan masa lalu, bukan kemampuan masa depan. Jadi, pertimbangkan juga faktor-faktor seperti kemampuan manajemen dalam mengalokasikan dananya.

Untuk mengetahui kondisi kas perusahaan, kamu perlu untuk melihat data laporan keuangan. Data laporan keuangan lengkap perusahaan-perusahaan yang telah listing di Bursa Efek Indonesia bisa kamu akses melalui Stockbit web ya Stockbitor, kamu bisa melihatnya di fitur Financial.

Cash flow.png
Cash Rich Company.png

Baca juga: Financials - Data Keuangan dari Laporan Keuangan Saham Indonesia Terlengkap

Fitur ini akan memudahkan pencarian investasi yang potensial buat kamu dan kamu juga bisa menemukan saham Cash Rich Company.