Bagaimana Biar Tidak Panik Saat Harga Saham yang Saya Beli Jatuh? by Hilmawan Kusumajaya

  Kredit foto:    Francisco Moreno    (Unsplash)

Kredit foto: Francisco Moreno (Unsplash)

Post ini adalah guest post dari @arif, founder Bolasalju.com

Sebuah saham LQ-45 turun -46% dari harga tertingginya selama 2 tahun. Bagaimana caranya biar tidak tegang, panik, atau stres ketika harga saham yang saya beli jatuh?

Membeli saham artinya memiliki secuil bagian perusahaan. Sebagai pemilik, kita berhak atas keuntungan perusahaan, atau dari pertumbuhan sahamnya di masa depan, selama kita memiliki perusahaannya.

Sebuah perusahaan berbeda dengan sahamnya. Perusahaan tumbuh, harga sahamnya bisa turun. Perusahaan merugi, ternyata saham bisa naik. Maka, harga saham tidak relevan. Tidak penting untuk diperhatikan. Namun kita harus tahu harga saham BISA penting karena ia memberi kesempatan bagi investor untuk memiliki perusahaan di harga lebih murah. Atau menjualnya saat pihak lain yang agresif berusaha memiliki perusahaan itu dengan harga lebih mahal. Harga saham—baik naik atau turun—hanya seperti kebisingan pasar.

Ada saham yang turun drastis, bahkan hingga -50% selama beberapa tahun. Sementara itu, perusahaan masih membagi dividen sekitar 2–7% dibanding harga sahamnya, atau 20%-100% dari laba mereka, setiap tahun. Lalu, kenapa harus tegang?

Selama perusahaan bagus, sebatas didukung keuangan yang kuat, sejauh penjualan masih ada pertumbuhan, dan sepanjang manajemen tidak berulah dan masih terjaga integritasnya—kita bisa memiliki perusahaan itu di harga yang rasional yang menjaga batas kesalahan kita dan sekaligus memberi potensi keuntungan di masa depan.

Memang banyak orang tegang karena harga sahamnya jatuh. Misalnya: seseorang yang berniat spekulasi, mereka yang tidak tahu saham apa yang ia beli, pembeli saham yang hanya ikut-ikutan, petaruh yang berharap harga sahamnya akan terus naik, atau orang-orang yang serakah.

Maka, abaikan semua hal yang menyebabkan ketegangan memiliki saham jatuh. Balik situasi. Fokus ke hal yang lebih penting saat berinvestasi. Kamu akan gembira saat saham jatuh.


Didirikan sejak 2010, Bolasalju menyediakan edukasi dan riset berupa ide investasi siap eksekusi.

Website: bolasalju.com

Yuk diskusi dengan @arif bolasalju di Stockbit

 

 

Raih #MerdekaFinansial Kamu Bersama Stockbit 🇮🇩 - Investasi & Trading Saham Online by Hilmawan Kusumajaya

Kamu pasti punya kenalan yang dari dulu kerja keras bagai kuda tapi sepertinya uangnya segitu-segitu saja. Pacar udah ngajak nikah tapi belum ada modal. Ingin beli rumah tapi harga rumah sudah tidak terjangkau. Baru punya anak inget mahalnya biaya sekolah.

Coba dulu beli saham $BBCA waktu IPO senilai 10 juta Rupiah, uang kamu udah jadi 1,2 Miliar. #MerdekaFinansial

Stockbit Merdeka Finansial

Promo Paket #MerdekaFinansial


Buka Rekening Saham di Stockbit minimal deposit Rp 1.700.000 selama periode promo (13 - 31 Agustus 2018), dapatkan:

  1. Stockbit Pro GRATIS SEUMUR HIDUP. WOW!
  2. Free Konsultasi cara mulai investasi saham untuk pemula dengan tim stockbit. ASIK!
Stockbit Pro Seumur Hidup

Stockbit Pro Gratis Seumur Hidup

Dengan Stockbit PRO, #MerdekaFinansial menjadi lebih dekat karena kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang canggih untuk membantu kamu dalam investasi saham, seperti:

  1. Screener, untuk bantu kamu cari saham yang bagus
  2. Seasonality, untuk lihat momentum bulanan tiap saham
  3. Insider, supaya kamu bisa ngintip para investor besar lagi beli saham apa. Dan masih banyak fitur canggih lainnya.

Cara Buka Rekening Saham dan Klaim Stockbit PRO Gratis: 

1. Klik Tombol Buka Rekening Saham

2. Isi Form Registrasi dan Ikuti Petunjuk Pengiriman Dokumen 

3. Kirim dokumen yang sudah di tandatangani ke Sinarmas Sekuritas

(Kantor Pusat Sinarmas
Sinarmas Land Plaza Menara 3, Lantai. 5, Jl. M.H. Thamrin No. 51 Jakarta 10350)

4. Deposit ke RDN kamu minimal 1,7 Juta

 

User-user Stockbit lainnya sudah buka rekening saham sinarmas di stockbit dan merasakan mudahnya analisa saham pake Stockbit Pro. Jangan sampe ketinggalan! 


Masih bingung? Tanya tim Stockbit untuk layanan buka rekening saham

 

 

Yuk mulai raih #MerdekaFinansial kamu sekarang!

*Promo sampai tanggal 31 Agustus 2018

Pelajari Cara Pembukaan Rekening Saham

Pelajari Keunggulan Stockbit Pro

FAQ:

1. Apakah ada biaya bulanan?

Tidak ada biaya bulanan yang dikenakan untuk bertransaksi melalui Stockbit.

2. Untuk deposit 1,7 Juta apakah bisa dipakai untuk trading? 

Bisa

3. Berapa fee transaksi yang berlaku?

Fee trading dengan Sinarmas di Stockbit adalah 0.15% fee beli dan 0.25% fee jual , sedangkan fee day trade adalah 0.125% fee beli dan 0.225% fee jual.

4. Bagaimana cara trading di stockbit? 

Kamu bisa melihat panduan trading di aplikasi maupun web stockbit di 

a. Aplikasi: Video panduan aplikasi stockbit 

b. Web Stockbit: Video panduan web stockbit

5. Saya sudah registrasi online sebelum tanggal 31 Agustus, tapi akun real trading belum jadi padahal promo sudah berakhir, apakah saya tetap mendapatkan promo stockbit free seumur hidup?

Ya. Semua yang mendaftar online selama masa promo berhak mendapatkan Stockbit Pro Lifetime setelah deposit minimal 1,7 juta

Screener - Cari Saham Terbaik Untuk Investasi Kamu by Hilmawan Kusumajaya

screener saham stockbit

Screener, tools untuk kamu saring saham dari perusahaan berkualitas dengan mudah

Data Keuangan Yang Lengkap

Manfaatkan database data keuangan kami yang luas untuk mencari dan memilah saham sesuai dengan kriteria yang dinginkan secara cepat dan tepat.

Gunakan juga preset screener siap pakai yang berisi screener yang biasa digunakan oleh investor profesional seperti screneer untuk saham yang memiliki PE Strong Undervalued atau screener saham High Volume Breakout.

Screener tersedia di website Stockbit.

Financials - Data Keuangan dari Laporan Keuangan Saham Indonesia Terlengkap by Hilmawan Kusumajaya

Financials stockbit

Dapatkan data keuangan dan laporan keuangan terlengkap saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang disajikan dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

Baca juga : Screener - Cari Saham Terbaik Untuk Investasi Kamu

Kamu bisa pilih periode data keuangan perusahaan yang ingin kamu lihat. Cari tau bagaimana pertumbuhan setiap akun dari laporan keuangan perusahaan seperti pendapatan atau laba bersih perusahaan sesuai periode yang diinginkan. Lihat dan pelajari tren pendapatan, laba bersih dan akun lainnya di laporan keuangan untuk mempelajari perkembangan perusahaan. Semua dalam satu tempat.

Financials tersedia di Web Stockbit.

1 dari 3 Generasi Milenial Ternyata Salah dalam Membuat Keputusan Investasi by Dedi Utomo

 Sumber : CIM Business Bulletin

Sumber : CIM Business Bulletin

Hasil penelitian yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar GfK SE terhadap generasi milenial di Amerika tentang performa investasi para milenial baru-baru ini menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Simak fakta tentang Investasi milenial dan kesalahan mereka dalam hal keputusan investasi berikut ini.

Generasi Milenial masih berpikir bahwa memegang cash adalah investasi jangka panjang yang terbaik untuk mereka, sehingga tidak mengherankan bahwa return yang berhasil mereka peroleh dari investasi ini tidaklah memuaskan. Hampir 1 dari 3 milenial mengatakan bahwa instrumen pasar uang, seperti rekening tabungan dan deposito adalah tempat terbaik untuk menginvestasikan uang yang tidak akan mereka pakai selama 10 tahun ke depan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk Bankrate.com oleh perusahaan riset pasar GfK SE, dengan mengumpulkan data 1.000 orang Amerika usia 18 tahun ke atas pada bulan ini.

Lebih dari 1 dari 5 milenial mengatakan bahwa mereka mendapatkan kurang dari 1% per tahun dari bunga tabungan & deposito yang mereka miliki, sementara sekitar 19% dari generasi milenial mengatakan mereka tidak mendapat bunga/return apapun dari uang yang mereka simpan. Data ini menunjukkan bahwa milenial tidak mendapat hasil yang baik dari uang tabungan mereka.

Hasil Bunga Tabungan Milenial

Sumber: Bankrate.com

Sebagai gambaran bahwa target inflasi Amerika adalah di angka 2% , jadi, ketika kinerja investasi atau tabungan di bawah angka itu, artinya orang tersebut telah kehilangan daya belinya terhadap suatu barang.

Milenial Amerika lebih memilih saham sebagai alternatif investasi mereka

Pilihan Investasi Milenial

Sumber : Bankrate.com

Berdasarkan grafik di atas, terlihat bahwa 1 dari 3 milenial Amerika lebih memilih saham sebagai alternatif investasi untuk uang yang tidak akan mereka pakai selama 10 tahun ke depan. Angka ini sebenarnya masih terbilang sangat kecil untuk negara sekelas Amerika. Namun apa jadinya dengan Indonesia? Hmm mungkin bisa lebih kecil lagi dibanding angka tersebut. Penyebab utama kecilnya persentase investor milenial di instrumen saham ini adalah lantaran adanya efek traumatis paska krisis moneter pada tahun 2008. Sebagai generasi yang pernah mengalami dasyatnya guncangan perekonomian akibat krisis, tentu tidak mudah untuk kembali percaya dan meletakkan uang mereka pada instrumen yang cukup berisiko seperti saham. 

Namun saat ini, milenial sangat membutuhkan investasi saham untuk meningkatkan nilai kekayaan mereka dan memperoleh uang yang cukup untuk masa pensiunnya. McBride  berkata, bahwa setiap $1.000 yang mereka investasikan di saham saat ini, bisa bernilai $15.000 ketika mereka pensiun nanti. Tapi tidak akan terjadi bila mereka meletakkan uang mereka pada instrumen save-haven.

Baca juga : 5 Tips Cerdas Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Jadi, jika kamu adalah generasi milenial yang ingin mencapai kebebasan finansial dan mempunyai uang yang cukup untuk masa pensiun kamu. Jangan ragu lagi untuk memulai investasi saham sejak dini, karena semakin awal kamu memulai investasi saham, semakin besar pula potensi keuntungan yang akan kamu peroleh di masa depan dengan memanfaatkan kekuatan compound return.

Investasi Saham Stockbit

Promo #Merdeka Finansial

Di bulan Agustus, Stockbit memberikan promo #MerdekaFinansial untuk pembukaan rekening saham Sinarmas Sekuritas. Dengan minimal deposit Rp 1.7 Juta kamu bisa dapat Stockbit PRO GRATIS Seumur Hidup!!!

Cara Buka Rekening Saham dan Klaim Stockbit PRO: 

1. Klik Tombol Buka Rekening Saham

2. Isi Form Registrasi dan Ikuti Petunjuk Pengiriman Dokumen 

3. Kirim ke Sinarmas Sekuritas

(Kantor Pusat Sinarmas
Sinarmas Land Plaza Menara 3, Lantai. 5, Jl. M.H. Thamrin No. 51 Jakarta 10350)

4. Deposit ke RDN kamu minimal 1,7 Juta

Masih bingung? Tanya cara buka rekening saham ke  087777 66 5000 (WA Only)

Pengumuman Juara Kompetisi Simulasi Trading Saham Online Stockbit 2018 by Hilmawan Kusumajaya

Tanggal 31 Juli 2018, Stockbit Virtual Trading Challenge atau Kompetisi Simulasi Trading Saham Online 2018 resmi berakhir. Terima kasih kepada semua peserta yang sudah mengikuti Stockbit Virtual Trading Challenge 2018. Kalian semua keren!!!

Investasi Untuk Mandiri Secara Finansial

Stockbit memahami bahwa jumlah investor di Indonesia sampai dengan saat ini masih belum mencapai 1 persen dari total penduduk Indonesia meski telah terjadi peningkatan tiap tahunnya. Padahal berinvestasi, khususnya berinvestasi di instrumen saham bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan membantu mereka untuk mencapai kemandirian finansial. Instrumen saham sendiri menjadi salah satu pilihan investasi yang sangat menguntungkan, hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tumbuh 19.99% pada tahun 2017.

“Kami ingin sampaikan kepada masyarakat Indonesia khususnya generasi muda dengan menjadi investor yang aktif di pasar modal, maka secara tidak langsung kita telah membantu perekonomian negara kita selain untuk menjadi mandiri secara finansial kita sendiri. Kami berharap kompetisi ini dapat melahirkan investor-investor yang handal,” ujar Co-Founder & CEO Stockbit, Wellson Lo.

Dukungan Untuk Program OJK dan Yuk Nabung Saham BEI

Selain untuk mengenalkan manfaat investasi saham secara online dari aplikasi Stockbit, Program ini juga merupakan bentuk dukungan aktif Stockbit terhadap program literasi dan inklusi keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta gerakan ‘Yuk Nabung Saham’ dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Saat ini, perkembangan positif sudah dapat dilihat di pasar modal indonesia. “Jumlah investor pasar modal dalam negeri terus meningkat. Ini terlihat dari jumlah SID yang sebelumnya adalah 535 ribu di akhir tahun 2016, meningkat menjadi 1,12 juta di akhir tahun 2017. Melalui program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk belajar cara investasi saham di pasar modal, dan juga untuk mendorong naiknya jumlah investor yang aktif menabung ataupun trading saham.

Periode pendaftaran dibuka pada hari Senin, tanggal 22 Januari 2018 dan berakhir pada hari Minggu, tanggal 4 Februari 2018. Dalam waktu 2 minggu, 5671 peserta mendaftar untuk mengikuti Kompetisi Trading Saham ini. 

Pada hari Senin, 5 Februari 2018, periode perdagangan dalam Stockbit Virtual Trading Challenge 2018 dimulai. Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang adalah peserta yang memiliki nilai Virtual Equity tertinggi pada akhir periode. Pada hari Selasa, 31 Juli 2018, Stockbit Virtual Trading Challenge 2018 resmi berakhir. 

Hadiah

Total hadiah dari kompetisi trading saham ini bernilai lebih dari 100 juta Rupiah, dengan hadiah utama iphone X dan uang sebesar Rp 10 juta dari salah satu user Stockbit @investorfrompky. 

Daftar Pemenang Kompetisi Trading Saham Stockbit

Berikut daftar pemenang hadiah utama sampai peringkat ke-7 pada Stockbit Virtual Trading Challenge 2018, serta pemenang peringkat ke-8 sampai 50 akan mendapatkan hadiah Stockbit Pro untuk 1 tahun:

Selamat kepada seluruh pemenang, tim Stockbit akan menghubungi masing-masing pemenang melalui email. Untuk seluruh peserta lain yang belum berhasil, jangan menyerah, karena Stockbit akan terus mengadakan event-event menarik lain untuk membantu kamu dalam proses berinvestasi khususnya investasi saham.

Tunggu event-event Stockbit selanjutnya! 😁


Stockbit juga menyediakan Stockbit Real Trading, untuk kamu yang ingin bertransaksi beli dan jual saham langsung dari aplikasi Stockbit. Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas untuk menyediakan rekening saham kepada pengguna Stockbit.

Yuk mulai investasi saham dari Stockbit.

3 Prinsip Investasi Jangka Panjang Agar Dapat Memperoleh Keuntungan by Hilmawan Kusumajaya

Post ini adalah guest post dari tim @AjaibRobo

Kesuksesan dalam dunia berinvestasi tentu tidak bisa diperoleh begitu saja, Anda harus mengetahui prinsip-prinsip dasar agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Selain itu, penting bagi Anda untuk disiplin dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut.


Quick Bites:

·       Investasi jangka panjang: definisi, tujuan, jenis-jenisnya

·       Investasi yang baik adalah investasi dengan imbal hasil yang besar namun dengan tingkat risiko rendah


Investasi Jangka Panjang

Secara umum, investasi merupakan penanaman modal yang berhubungan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang atau masa depan.

Menurut teori ekonomi, investasi didefinisikan sebagai pembelian atau produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang atau barang produksi.

Investasi terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan jangka waktunya, yakni:

·       Investasi jangka panjang

Merupakan investasi dimana dana yang digunakan akan diputar dan baru dapat dicairkan apabila sudah tiba jangka waktu tertentu. Biasanya didefinisikan dengan jangka waktu paling cepat 12 bulan.

·       Investasi jangka pendek.

merupakan investasi yang dapat segera dicairkan atau didanai dari kelebihan dana yang sifatnya sementara. Biasanya didefinisikan dengan jangka waktu 1 hingga 12 bulan.

 

Pembahasan kali ini akan terfokus pada investasi jangka panjang. Dimana investasi jangka panjang memiliki tujuan yang tentunya berbeda dengan investasi jangka pendek. Adapun tujuan tersebut antara lain sebagai berikut:

·       Mengarahkan dana khusus

·       Menjamin adanya bahan baku dan pasar untuk produk yang akan dihasilkan

·       Menurunkan persaingan antar perusahaan sejenis

·       Mendapatkan penghasilan pasif dalam setiap periode, seperti bunga, royalti, deviden atau uang sewa.

 

Sedangkan jenis investasi jangka panjang pun cukup beragam jenisnya, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1.     Emas

2.     Properti

3.     Reksadana

4.     Saham

5.     Program Pensiun

6.     Obligasi

 

Akan tetapi, selain mengetahui jenis dari investasi jangka panjang tersebut, Anda perlu mengetahui bagaimana cara agar memperoleh keuntungan dari investasi jangka panjang. Melalui artikel berikut, Ajaib Robo akan memberikan beberapa rahasia prinsip investasi jangka panjang bagi Anda:

Prinsip Investasi Jangka Panjang

Idealnya, sebuah investasi terbaik adalah investasi dengan imbal hasil yang besar namun dengan tingkat risiko rendah. Namun umumnya imbal hasil berbanding lurus dengan tingkat risiko, sehingga sangat sulit mencari sebuah investasi yang ideal seperti itu.

Jika Anda menemukan investasi ideal, selalu pelajari lebih lanjut terlebih dahulu mengenai produk investasi tersebut. Mengingat banyaknya investasi bodong yang merajalela dengan tawaran menggoda seperti keuntungan berkali-kali lipat secara instan. Jangan sampai Anda menjadi salah satu korbannya.

Untuk bisa memaksimalkan instrumen investasi sehingga memperoleh keuntungan maksimal, jangan tergoda dengan tawaran keuntungan instan. Melainkan Anda perlu menerapkan beberapa prinsip investasi jangka panjang sebagai berikut:

#1 Berkorban demi Masa Depan

Banyak dari generasi millennials yang sulit memilih pilihan ketika diberikan dua pertanyaan dibawah ini:

·       A: Hidup bersenang-senang sekarang dengan pergi ke restoran setiap hari dan membeli barang-barang mewah, tetapi masa depan suram dimana rumah masih kontrak, makan pun harus berhemat

ATAU

·       B: Hidup sederhana sekarang, pergi ke restoran hanya sebulan sekali dan menggunakan barang-barang sederhana, tetapi masa depan cerah serta sejahtera dengan rumah bernilai milyaran rupiah dan seluruh kebutuhan terpenuhi.

Dari kedua pertanyaan tersebut, dapat diketahui bahwa Anda yang memilih pilihan B cenderung memikirkan masa depan Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan cara berinvestasi jangka panjang. Singkatnya, berinvestasi jangka panjang artinya mengorbankan kesenangan saat ini untuk kemudian dinikmati berlipat ganda di masa depan. Kuncinya adalah semakin lama Anda berinvestasi (semakin dini dimulai), maka semakin besar pula nilai yang bisa Anda peroleh.

#2 Waktu adalah Faktor Utama

Jika Anda pernah berpikir untuk apa melakukan investasi sekarang, cobalah pikirkan kembali. Waktu merupakan sebuah hal terpenting dalam hidup manusia, dimana waktu yang sudah terlewati tidak akan bisa diputar kembali. Selain itu, waktu adalah satu hal yang tidak dapat dibeli, bahkan dengan uang sekalipun.

Seperti telah diungkapkan pada poin sebelumnya, semakin lama Anda berinvestasi maka semakin besar pula nilainya. Artinya disini Anda perlu memperhatikan pentingnya waktu untuk dapat memaksimasi nilai investasi Anda.  Jadi, berinvestasilah untuk menjadi kaya bukannya menunggu kaya baru memulai investasi.

#3 Kesabaran yang Membuahkan Hasil

Salah satu kesalahan paling umum dalam berinvestasi adalah tidak sabar, menginginkan hasil yang besar dalam waktu singkat alias INSTAN. Penting untuk diketahui bahwa dalam berinvestasi Anda membutuhkan kesabaran.

Oleh karena itulah ada investasi jangka panjang, dimana keuntungan atau imbal hasil investasi umumnya baru bisa dirasakan dalam jangka panjang (lebih dari 1 tahun).

Sebagai contohnya, akan sulit memperoleh keuntungan dari saham atau reksadana hanya dalam satu minggu saja, mengingat adanya fluktuasi harga yang akan mempengaruhi imbal hasilnya. Namun dengan pengamatan jangka panjang, Anda bisa memaksimalkan keuntungan.

Intinya adalah bersabar dan jangan serakah. Dengan demikian Anda bisa memaksimalkan keuntungan investasi jangka panjang Anda.

Inti dari investasi jangka panjang adalah memanfaatkan jangka waktu yang panjang untuk dapat memaksimasi keuntungan. Umumnya investasi ini sesuai dengan perencanaan kebutuhan jangka panjang, misalnya saja dana pensiun atau dana pendidikan anak. Pahami prinsip-prinsip dasarnya, dan maksimalkan keuntungan Anda sekarang juga!


Ajaib Robo merupakan Robo Advisor pertama di Indonesia yang menyediakan platform digital yang menyediakan perencanaan keuangan secara otomatis dan digerakkan oleh algoritma

Web: www.ajaib.co.id

Instagram: @ajaib.robo

Ebook: www.ajaib.co.id/ebook

Pantau Pergerakan Dana Asing dan Bandar di Saham Indonesia dengan Stockbit by Hilmawan Kusumajaya

bandar stockbit

Bandarmologi

Deteksi dan pelajari gerak bandar, jadilah teman bandar untuk membantu kamu mendapatkan keuntungan. Gunakan indikator bandarmologi untuk mempelajari akumulasi dan distribusi para bandar.

 

dana asing stockbit

Foreign Flow

Pantau pergerakan dana asing di saham pilihanmu, apakah dana asing sedang masuk (net inflow) ke saham tertentu atau sedang keluar (net outflow). Pelajari juga seberapa kuat transaksi dana asing pada saham tersebut.

Bandarmologi dan Foreign Flow tersedia pada Chartbit di web dan mobile app Stockbit di android & iOS.