New Releases

The Piotroski F-Score- Cara untuk menemukan saham berkualitas baik by Dedi Utomo

Pict by: yourcolumnist

Pict by: yourcolumnist

Apa itu Piotroski F-Score?

Piotroski F-Score bertujuan untuk mengidentifikasi perusahaan tersehat di antara sekian banyak saham dengan menerapkan sembilan kriteria pemilihan saham berbasis akuntansi.

Joseph Piotroski sekarang adalah profesor akuntansi di Stanford University Graduate School of Business. Piotroski melakukan banyak penelitian tentang Value Investing. Dia memeriksa apakah analisis fundamental saham sederhana berbasis akuntansi dapat menghasilkan keuntungan bagi investor. Pendekatan Piotroski pada dasarnya mencari perusahaan yang menghasilkan laba, memiliki margin yang baik, tidak menggunakan trik/kecurangan dalam pembukuan/akuntansi dan memiliki Balance Sheet yang kuat.

Dari sana, ia mengembangkan Piotroski F-Score yang didasarkan pada 9 kriteria. Kriteria ini dikelompokkan menjadi tiga kategori saham berkualitas baik.

Setiap saham akan mendapat skor 1 jika memenuhi setiap kriteria. Saham yang memperoleh total skor 8 atau 9 dianggap sebagai investasi yang potensial.

Sedangkan skor Piotroski 0 hingga 2 memberikan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan yang buruk, dan menunjukkan bahwa investasi pada perusahaan semacam ini dapat menyebabkan kerugian.

Kriteria Piotroski F-Score

A. Profitabilitas

  1. ROA (Return on Aset) - jika positif di tahun berjalan berikan skor 1 poin.

  2. Arus Kas Operasi (Operating Cash Flow ) - jika positif pada tahun berjalan berikan skor 1 poin.

  3. ROA (Return on Aset) - tahun berjalan lebih tinggi dari pengembalian aset tahun sebelumnya berikan skor 1 poin.

  4. Arus Kas Operasi - jika melebihi laba bersih berikan skor 1 poin.

B. Leverage, Likuiditas, dan Pendanaan

  1. Long term Debt to Asset Ratio ( rasio utang jangka panjang terhadap total aset)- jika rasio utang jangka panjang terhadap aset mengalami penurunan dari tahun sebelumnya berikan skor 1 poin.

  2. Current Ratio (rasio lancar) - jika meningkat dari tahun sebelumnya berikan skor 1 poin.

  3. Saham Baru - jika tidak menerbitkan saham baru pada tahun berjalan berikan skor 1 poin.

C. Efisiensi Operasional Perusahaan

  1. Gross Profit Margin (margin laba kotor) - jika melebihi margin kotor tahun sebelumnya berikan skor 1 poin.

  2. Asset Turnover Ratio (Rasio Perputaran Aset) - jika melebihi rasio tahun sebelumnya (mis. Kenaikan penjualan lebih tinggi dari persen peningkatan aset berikan skor 1 poin.

Piotroski menguji teorinya dari tahun 1976 hingga 1996, dia memperoleh kesimpulan bahwa saham murah yang mendapatkan skor-F lebih dari delapan, menghasilkan keuntungan sekitar 7,5% di atas indeks setiap tahunnya.

Screener saham Piotroski High F-Score

Screener saham Piotroski High F-Score

Screener saham dengan pendekatan Piotroski F-Score sudah tersedia di Stockbit. Melalui Screener ini kamu bisa menyaring saham yang memiliki F-Score lebih dari sama dengan 8, yang merupakan saham yang berkualitas baik berdasarkan metode Piotroski.

Investasi Saham Ala Warren Buffett-Buffettology Esque Sustainable Growth by Dedi Utomo

buffett.jpg

Investasi saham ala Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway yang memiliki kekayaan bersih $ 84,7 miliar. Buffett adalah salah satu dermawan yang telah berdonasi lebih dari $ 27 miliar untuk kegiatan sosial dalam 1 dekade terakhir. Miliarder terkenal karena kebiasaannya yang hemat, seperti sarapan harian di McDonald-nya dan menggunakan telepon lipat hingga saat ini. Bagi mereka yang mengenalnya sejak awal, kesuksesan Buffett tidak mengherankan: Dia mulai investasi saham sejak usia 11 tahun dan telah mengumpulkan setara $ 53.000 (dalam dolar hari ini) pada saat dia berusia 16 tahun.

Baca juga : Perjalanan investasi Warren Buffett

Bagaimana cara Warren Buffett memilih saham?

Di bawah ini adalah kriteria investasi saham ala Warren Buffett dalam memilih saham untuk investasi jangka panjang.

Melihat apakah labanya bisa diprediksi

Buffett suka perusahaan memiliki laba yang stabil dan stabil yang terus berkembang. Ini memungkinkan dia untuk memprediksi secara akurat laba masa depan. Model ini terlihat pada laba perusahaan dalam 10 tahun.

Lihat kemampuan untuk melunasi hutang

Warren Buffett menyukai perusahaan dengan sumber pendanaan yang konservatif.

ROE yang konsisten di atas rata-rata

Buffett menyukai perusahaan dengan ROE di atas rata-rata setidaknya 15% atau lebih baik, karena ini merupakan indikator bahwa perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang tahan lama.

Return on Capital Employee (RoCE) setidaknya di atas 12%

Karena beberapa perusahaan bisa saja dibiayai dengan utang yang berkali-kali ekuitasnya, membuat seolah-olah ROE perusahaan terlihat tinggi. Untuk menyaring ini, untuk perusahaan non-keuangan, Buffett juga mensyaratkan bahwa Return on Capital Employee (RoCE) setidaknya 12% dan konsisten.

Capital Expenditure

Warren Buffett menyukai perusahaan yang tidak memiliki CAPEX yang besar. Artinya, ia mencari perusahaan yang tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk upgrade pabrik dan peralatan atau untuk penelitian dan pengembangan demi tetap kompetitif.

Penggunaan Retain Earnings (Laba Ditahan)

Buffett suka melihat apakah manajemen telah menghabiskan laba ditahan dengan cara yang menguntungkan pemegang saham.

Kira-kira dengan menggunakan kriteria saham Buffett di atas saham apa saja yang akan terpilih?

Buffettology-esque sustainable growth screen

Screener Stockbit yang menggunakan pendekatan dari investor sukses ala Warren Buffett. Screener ini memfokuskan pada value stocks dan kualitas bisnis. Sebuah bisnis yang bagus akan memiliki EPS yang terus bertumbuh (EPS Growth Streak) selama minimal 4 tahun berturut-turut.

Screener ini juga mencari perusahaan dengan utang yang rendah dibandingkan net income, serta pertumbuhan earnings yields, Return on Equity (RoE), Return on Capital Employee (RoCE) yang stabil terjaga, serta free cashflow yang positif.

Jam Pelayanan Customer Support Stockbit Diperpanjang!!! by Dedi Utomo

Customer-Service-Image.jpg

Kami menyadari bahwa tidak semua hal dalam kehidupan terjadi selama jam kerja. Ada kalanya Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan di luar jam operasi normal kami. Untuk memenuhi kebutuhan ini, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa jam pelayanan customer support kami telah diperpanjang.

Mulai hari ini dan seterusnya, kami memperpanjang jam pelayanan customer support hingga 7 hari seminggu, customer support Stockbit akan selalu ada dan siap membantu Anda pada jam berikut:

Senin-Jum'at  : 8,30 - 22,00
Sabtu-Minggu : 9.00 - 18.00

Anda penting bagi kami, kami percaya bahwa akses Anda untuk berkomunikasi dengan kami sangatlah penting dan kami ingin lebih dekat dengan Anda. Kami sangat menghargai masukan Anda baik itu positif atau negatif, karena setiap kesalahan adalah jendela untuk perbaikan. Kami ingin terus meningkatkan pelayanan untuk Anda lebih baik lagi.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh bantuan, kami akan mengirim pesan dengan dukungan live chat kami. Berikut beberapa cara agar Anda dapat menghubungi customer support kami yang  ditampilkan dalam format gif.

Melalui Stockbit Web

live support.gif

Melalui Stockbit Mobile App (Android & IOS)

animation.gif

Melalui Email

support@stockbit.com

Melalui Whatsapp

Feel free untuk menghubungi costumer support kami ketika Anda mengalami kendala atau membutuhkan bantuan dalam penggunaan aplikasi Stockbit.